Persiapan Magang Saat Pandemi Covid-19

0
441

Pandemi virus Korona tidak menjadi hambatan untuk tetap melanjutkan program kuliah. salah satu kegiatan yang harus terus berjalan adalah program magang. Praktik kerja lapangan atau dikenal dengan istilah magang, adalah kesempatan emas bagi para mahasiswa bisa merasakan pengalaman terjun langsung ke dunia kerja profesional.

Kegiatan itu penting untuk menyiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya, bisa mengasah kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan, memecahkan masalah, kerja sama, tanggung jawab, dan pengalaman bekerja. Selain itu juga kesempatan untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajari selama di perkuliahan kita langsung di dunia kerja.

Yang menjadi masala, kesempatan magang tidaklah mudah didapatkan saat pandemi. Banyak perusahaan yang tidak membuka program magang seperti masa sebelum pandemi melanda. Ada yang membuka kesempatan tersebut tapi magang daring. Sedangkan perusahaan yang membuka lowongan magang secara luring  atau tatap muka saat pandemi tidak banyak. Tidak hanya magang tapi mencari kerja pun sulit didapatkan kala pandemi ini.

Pada tahun 2020, saat pandemi covid-19 mulai merebak di Indonesia, saya terpaksa tidak melanjutkan kesempatan magang saya di luar negeri maupun di dalam negeri. Kali ini tahun 2021 saya mendapatkan peluang magang di salah satu hotel berbintang lima di Jakarta selama enam bulan. Kesempatan tersebut tidak akan saya sia-siakan karena tempat yang saya pilih jadi tempat magang, sangat selektif dan tidak mudah untuk masuk menjadi anak magang disana.

Setelah mendaftar di tempat magang impian banyak yang perlu dipersiapkan, yang tentu saja berbeda dengan untuk masa magang pada tahun-tahun sebelumnya. Berikut yang perlu dipersiapkan sebelum memulai program magang di perusahaan.

Harus sehat

Mempersiapkan kesehatan fisik maupun mental, karena magang membutuhkan fisik yang kuat dan sehat. Menjaga kesehatan adalah salah satu persiapan kesehatan dengan makan yang bergizi seimbang. Dulu disebut empat sehat lima sempurna. Serta mempertahankan imun agar tidak gampang sakit.

Tetap gunakan masker setiap saat, melaksanakan protokol kesehatan, dan olah raga agar badan senantiasa sehat dan bugar. Kesehatan fisik selama magang akan menjadi modal terbesar, karena kita akan berhadapan dengan pekerjaan fisik dan orang lain di luar rumah.

Riwayat hidup

Sebelum melaksanakan wawancara dengan pihak perusahaan atau kantor, calon mahasiswa magang perlu mempersiapkan curriculum vitae atau daftar riwayat hidup terbaru untuk wawancara magang. Dan perlu diingat dalam penulisan daftar riwayat hidup kita harus yang mendesainnya secara menarik, jujur, lugas, dan tidak bertele-tele.

Sertakan pula berkas-berkas surat keterangan kesehatan, surat dari kampus atau sekolah, dan surat berkelakuan baik. Boleh disertakan sertifikat kompetensi, lomba, dan sertifikat menunjang lainnya. Hal itu semua akan menjadi pertimbangan di tempat kita melamar magang di perusahaan dituju.

Tes kesehatan

Saat pandemi Covid-19 sangat diperlukan rangkaian tes kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh,  rapid test, atau test PCR (Polymerase Chain Reaction). Kegiatan magang berarti mahasiswa akan bertemu dengan rekan kerja lainnya, tamu, dan klien. Maka dari itu, dibutuhkan raga yang sehat untuk bertemu dengan orang lain di lokasi kerja.

Sebelum melakukan tes kesehatan penting bagi kita untuk menjaga pola tidur, pola makan yang sehat, menghindari minuman berkafein dan beralkohol, istirahat yang cukup dan berolah raga.

Izin orang tua

Izin dari orang tua sangatlah penting, karena beberapa perusahaan memberikan surat izin dari kedua orang tua atau wali dari mahasiswa yang perlu ditandatangani. Agar mendapatkan izin dari orang tua berikan informasi yang jelas mengenai tempat magang kepada orangtua kita. Menyampaikan rencana tugas saat magang, protokol kesehatan dan kegunaannya akan membantu orang tua memahami alasan mengapa kita harus melakukan magang di masa pandemi ini.

Memberi informasi lengkap mulai dari jam kerja, jarak yang ditempuh dari tempat tinggal ke tempat magang , pekerjaan yang akan dilakukan saat magang dan protokol kesehatan yang diterapkan di tempat magang merupakan hal penting.

Protokol kesehatan

Sebelum, saat magang, dan sesudah magang sangat perlu tetap memperhatikan protokol kesehatan. Tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak antar individu. Kelalaian akibat mengabaikan protokol kesehatan berakibat menghambat program magang dan tentunya diri sendiri. Taati peraturan yang sudah diterapkan di tempat magang.

Sebelum masuk ke tempat magang diperlukan mengisi formulir berisi data diri, suhu tubuh, dan mengisi form mengenai Covid-19. Bagi pekerja maupun anak magang tidak boleh masuk jika suhu tubuh panas, flu, batuk dan sesak napas. Hal ini salah satu upaya pencegahan penyebaran di tempat magang. Dan saat makan siang di batasi bangku serta di berikan jarak, setiap tempat publik disemprotkan disinfektan. Agar aman dan bersih bagi para pekerja dan anak magang.

Banyak kegiatan di tempat magang memerlukan kesehatan yang prima, tetap jaga kesehatan. Di tempat magang yang saya laksanakan program magang menjadi sarana mahasiswa dan siswa untuk beradaptasi dengan dunia kerja, menambah teman, menjalin koneksi, disiplin waktu dan tentunya pengetahuan seputar dunia kerja.

Banyak hal positif yang saya dapatkan, dan bagi mahasiswa magang lainnya terus semangat menempuh program dengan semangat, jaga kesehatan dan tetap terapkan protokol kesehatan. Gali ilmu sebanyak-banyaknya, persiapkan diri yang baik demi masa depan yang cerah.

 

Azkiannisa Azzahra, mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti  Jakarta Jurusan Perhotelan.