Lima Cara Ampuh Mengatasi Stres Saat Pandemi

0
152

Rasa takut dan gelisah sedikit banyak pasti ada dalam pikiran seseorang pada situasi yang saat ini sedang kacau akibat pandemi Covid-19. Apalagi bagi kalian, mahasiswa yang sekarang melakukan semua kegiatan kampus secara daring dan memiliki keterbatasan melakukan banyak hal di luar rumah.

Tetapi, bukan berarti kalian tidak bisa melalukan apapun untuk menghilangkan rasa lelah serta stres berlebihan yang kalian alami. Jangan kawatir kawan karena aku punya solusi untuk  mengatasi stres akibat pandemi yang kita rasakan saat sekarang ini. Berikut lima cara mengatasi stres saat pandemi yang bisa kalian lakukan.

Sibuk dengan hobi 

Cara mengatasi stres yang pertama yang bisa diri kita lakukan adalah kembali kepada hobi yang dulu kita suka. Dulu, sebelum pandemi, hobi yang sering kamu lakukan dengan rutin tetapi setelah pandemi kalian malah jarang melakukannya lagi.

Salah satu contohnya seperti, sebelum kamu berkuliah serta sibuk ngampus kamu suka sekali bermain gitar bersama teman-teman di kantin. Kini ketika pandemi menimpa, kamu tidak pernah lagi bermain gitar karena disibukan oleh jadwal kuliah lewat Zoom yang sangat banyak sehingga kamu meninggalkan hobimu.

Sekarang, walau di rumah,  kamu bisa melalukan hobimu itu dengan melakukannya pada saat waktu luang atau jam istirahat yang biasanya kamu gunakan hanya untuk tidur dan mengeluh.  Ini waktu yang tepat untuk kembali kepada hobi yang dulu, karena akan membantu kita melupakan rasa stres. Selain itu melakukan hobi yang kita suka akan membawa suasana hatimu menjadi lebih tenang.

Menjalin komunikasi 

Pada masa pandemi ini tentu sangat sulit bagi kita untuk bertemu serta nongkrong dan santai bareng teman. Penyebabnya, kita harus mengikuti peraturan serta protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dan badan kesehatan dunia, WHO  yaitu melakukan menjaga jarak, serta tidak membuat kerumunan.

Tetapi jangan kawatir kawan, karena sekarang kita sudah memasuki era teknologi yang sangat canggih, kalian dapat dengan mudah bertemu dengan teman-teman secara virtual. cukup dengan mengatur jadwal untuk  video call bersama keluarga, sahabat, teman dan pacar kalian. Chating dan menggunakan media sosial juga dapat membantu kalian terhubung dengan orang-orang di sekitar.

Berolahraga

Pada cara yang ke tiga ini kalian bisa membuang stres dengan cara berolahraga secara teratur. Walaupun kalian tidak dapat datang ke tempat pusat kebugaran karena pemberlakuan PSBB, jangan kawatir. Rumah pun  dapat menjadi tempat yang asyik untuk tempat berolahraga bersama anggota keluarga yang lainnya.

Menurut majalah kesehatan Healthline, waktu yang bagus  untuk berolah raga adalah antara jam 2 siang hingga jam 6 sore, ketika suhu tubuh manusia mencapai puncak kesiapan. Jangan bingung memilih olah raga yang ingin kalian lakukan.

Kalian bisa memilih jenis olah raga sesuai apa yang kalian inginkan, seperti zumba di taman rumah, jalan-jalan keliling taman, turun naik tangga, push up di kamar serta masih banyak lagi jenis olahraga yag bisa kalian lakukan di rumah.

Mendengarkan musik

Sudah banyak orang tahu bahwa musik dapat mengubah perasaan seseorang menjadi lebih berwarna, tetapi tergantung jenis musik apa yang akan kalian dengar. Nah kali ini jenis music yang cocok untuk didengar ketika kita mengalami stres adalah musik yang bernuansa akustik atau selow.

Ketika  memejamkan mata sembari mendengarkan nada dari musik tersebut maka kalian akan merasakan ketenangan, dan juga kesejukan hati. Berikut beberapa jenis musik yang dapat kalian dengar saat membutuhkan suasana tenang. Ada musik  akustik, pop dan musik tradisional. Coba deh.

Bertanam di rumah

Bercocok tanam adalah salah satu cara yang bisa membuang stres yang kalian alami. Karena kegiatan yang kalian lakukan ini dapat membuat tubuh merasa rileks, tenang dan fokus. Di lansir dari studi Evironmental health perspectives,  para peneliti menemukan bahwa seseorang akan memiliki kesehatan mental yang baik kalau orang itu hidup di lingkungan yang di penuhi tanaman.

Bercocok tanam juga merupakan salah satu terapi alami yang dilakukan sebagian besar  orang ketika merasa stres. Jiwa dengan sendirinya akan merasakan nuansa alam dan hutan di sekitar kalian. Adapun jenis tanaman atau tumbuhan yang dapat kalian tanam adalah seperti jenis bunga anggrek, bunga matahari, bunga kembang sepatu, sayur sawi,  mentimun, ubi, dan masih banyak lagi.

F.Deliana Winki, mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta Jurusan Hospitaliti dan Pariwisata