Okky Ayu Permata: Memodifikasi “YouTube” Menjadi Sarana Belajar Bahasa Korea

0
182

Halo, sobat Muda! Dalam suasana tahun baru, biasanya orang-orang akan beramai-ramai membuat resolusi satu tahun ke depan untuk dikerjakan, seperti lebih rajin menabung, belajar agar bisa masuk perguruan tinggi favorit, menulis novel, ikut internship program, ikut exchange program, belajar bahasa baru, dan masih banyak lainnya. Nah, kalau resolusi kamu apa nih ?

Saat ini, investasi menjadi tren di mana-mana. Tetapi, kira-kira investasi apa sih yang paling tepat untuk anak muda? Yap! Betul, jawabannya investasi ilmu dan pengalaman. Salah satu contohnya adalah dengan belajar bahasa baru. Saat ini telah tersedia berbagai macam platform yang siap mendukungmu belajar bahasa baru. Menguntungkan bukan?

Beruntung bagi kamu yang senang menonton drama Korea atau mendengarkan musik K-Pop karena jika kamu ingin mempelajari bahasa Korea pasti lebih menyenangkan, seperti Okky Ayu Permata yang telah menghadirkan banyak konten edukatif untuk belajar bahasa Korea di kanal YouTube-nya.

Berawal dari kecintaannya terhadap drama korea dan kesenangannya mendengarkan musik K-Pop, Okky tentu tidak menyia-nyiakan hobinya melainkan menggunakannya itu sebagai pendukung untuk belajar bahasa baru, yakni bahasa Korea. Tak hanya itu, Okky juga membagikan pengetahuannya tentang bahasa Korea di kanal YouTube-nya juga dengan metode yang ringan, mudah dipahami, dan menyenangkan.

Okky pertama memulai kanal YouTube-nya pada bulan Juli 2019 lalu untuk membagikan pengalaman exchange-nya di Jerman dan mulai aktif menghadirkan konten belajar bahasa Korea sekitar Maret 2020. Hingga saat ini, subscribers-nya sudah mencapai 30 ribu orang dan terus bertambah.

“Aku bikin YouTube itu sekalian belajar dan ngajarin gitu, karena kalau gitu kan lebih gampang masuknya ke otak. Lebih cepet belajarnya, hehe…” ujarnya saat diwawancarai melalui Zoom pada Jumat (15/01/2020) kemarin.

Video belajar bahasa

Melalui kanal YouTube “Okky Ayu Permata” yang dimilikinya, ia memberikan video-video belajar bahasa Korea melalui cuplikan drama hingga belajar Bersama idol K-Pop seperti BlackPink, BTS, ITZY, NCT 127, dan masih banyak lainnya yang membuat penontonnya tidak terasa sedang belajar bahasa Korea. Menurut Okky, belajar bahasa itu bisa cepat membosankan dan terasa beban kalau kita tidak bisa menemukan metode yang tepat.

“Biasanya kan yang bikin males belajar itu karena belajarnya monoton gitu. Nah aku biar enggak males, belajarnya sambil nonton drama. Kalau ada kata-kata yang asing, aku pause terus coba tulis hangeul-nya lalu cari artinya,” Jelas Okky.

Foto: tangkapan layar kanal Youtube “Okky Ayu Permata”

Tak hanya sampai di situ, selain memberikan konten yang seru untuk membantu orang-orang belajar bahasa Korea dengan menyenangkan, Okky juga menghadirkan Hangeul Master Course untuk mendukung teman-teman yang ingin belajar lebih dalam tentang bahasa Korea. Melalui Hangeul Master Course ini, pesertanya bisa belajar dan bertanya secara langsung dengan Okky tentang bahasa Korea yang kurang dimengerti.

Dalam hal ini, Okky sendiri terinspirasi oleh idola-idolanya, yakni Vanessa Lau, Sunny Lenarduzzi, dan Jade Darmawangsa untuk terus semangat mengembangkan platform-platform yang dimilikinya. Dengan kanal YouTube dan kursus yang dibuatnya, Okky berharap agar orang-orang dapat lebih mudah mempelajari bahasa Korea dengan fleksibel, tidak terikat waktu-waktu tertentu, dan tetap bisa menjalankan berbagai macam aktivitas lain yang dimilikinya.

Komentar negatif

Membuat kanal YouTube yang bermanfaat seperti itu bukan berarti tidak ada tantangannya, Okky juga pernah mendapat komentar negatif layaknya YouTuber lain. Namun, kondisi tersebut tidak menyurutkan semangatnya untuk terus berkarya karena ia menjadikan komentar negatif sebagai bahan evaluasi untuk membuat konten yang lebih baik lagi ke depannya. Keren banget ya, Sobat Muda!

Nah, untuk kalian yang baru ingin memulai atau sudah dalam proses belajar bahasa Korea, kalian bisa juga mencari metode belajar yang menyenangkan dan paling sesuai untuk diri kalian seperti yang dilakukan Okky. Kita sama-sama tahu bahwa belajar pasti ada tantangannya dan tidak menutup kemungkinan juga kita bisa bosan di tengah-tengah proses belajar.

Start with ‘why’, kalau kita mau memulai sesuatu tuh harus dengan ‘why’. Cari tahu kenapa sih kita mau dan pengen belajar bahasa Korea. Karena kalau ‘why’-nya enggak kuat, bisa males belajarnya nanti. Tapi, kalau ‘why’-nya kuat, semales apa pun itu pasti tetep mau melakukan gitu,” jelas Okky tentang bagaimana cara memulai belajar bahasa Korea.

Jadi, untuk Sobat Muda yang ingin belajar bahasa baru atau belajar apa pun itu, jangan lupa untuk menemukan motivasi dulu ya yang pertama. Kuatkan motivasi kita, cari alasan mengapa sih kita ingin mempelajari sesuatu atau melakukan sesuatu itu. Semoga lancar dan tercapai ya semua resolusimu. Sampai jumpa!

Okky Ayu Permata. Foto : Koleksi pribadi

Nama: Okky Ayu Permata

Pendidikan:

  • SMAN 2 Pare, Kediri – Jawa Timur (2014 – 2017)
  • Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor (2017 – sekarang)

Pengalaman:

  • Peserta Program Pertukaran Pelajar di Chonnam National University, Korea.
  • Peserta  YouTube Rewind 2020

 

Sekar Heksagara Tanjung, mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Brawijaya Malang