Merancang Resolusi Keuangan di Tahun 2021

0
2143

Halo sobat Muda! Menapaki tahun 2021 nampaknya semakin marak berseliweran resolusi-resolusi baru yang muncul di berbagai media sosial. Banyak yang berambisi untuk menargetkan mimpi dan tujuan hidup mereka di tahun baru ini, akan tetapi tak jarang pula dari mereka yang justru berprinsip untuk “jalanin aja deh alurnya”. Memilih salah satu dari prinsip tersebut pun juga tidak ada salahnya, karena kembali lagi bahwa setiap individu memiliki porsi pencapaian dan kepuasan yang jelas berbeda satu dengan yang lain.

Berada di tengah gempuran zaman dengan hingar bingar pergerakan gaya hidup, realitanya acap kali membutakan generasi muda perihal masalah keuangan. Tidak jarang ditemukan bahwa sebagian dari mereka melakukan aktivitas sosial yang membutuhkan banyak pengeluaran. Terlebih lagi apabila mereka senang untuk bergaya hedon, menggunakan barang mewah, atau sekadar nongkrong di kafe yang mahal.

Selain itu, maraknya e-commerce dengan diskon yang gila-gilaan juga menjadi faktor pendorong dari pengeluaran yang berlebihan. Kontrol diri terhadap pemahaman keuangan pada kondisi ini jelas sangat diperlukan demi mengetahui batas yang jelas.

Berangkat dari hal tersebut, masalah yang kerap tidak disadari setiap tahunnya justru sering abai untuk diperhatikan, yaitu perihal keuangan. Banyak dari kawula muda yang terfokus membangun resolusi demi meningkatkan eksistensi diri, namun justru mengesampingkan faktor pokok seperti resolusi keuangan. Padahal, tanpa mereka sadari membuat perubahan dari segi keuangan tidak kalah pentingnya demi mempersiapkan kemungkinan yang akan terjadi di masa depan. Terfokus pada permasalahan tersebut, simak kiat berikut untuk menyiapkan resolusi keuangan kalian di tahun yang baru.

Perdalam literasi finansial

Tahapan awal untuk menyiapkan resolusi finansial adalah dengan memperdalam pemahaman mengenai perencanaan keuangan. Nantinya pengetahuan seputar mengelola keuangan, melunasi hutang piutang, menyusun anggaran keuangan, serta investasi dapat meningkat. Selain itu, jangan lupa juga untuk membuka mata terhadap kondisi perekonomian Indonesia khususnya di masa pandemi saat ini.

Apabila telah paham, langkah yang diambil seputar keuangan akan semakin mudah. Berbagai sumber informasi saat ini sudah banyak yang bisa diakses secara gratis. Sobat Muda dapat melihat dari beberapa situs, berbagai webinar, atau justru video informatif yang berasal dari YouTube.

Merancang anggaran 

Langkah selanjutnya yang wajib dilakukan untuk mengawali resolusi keuangan adalah dengan cara menyusun sebuah anggaran keuangan. Kalian dapat membuat atau memperbaiki rencana pengeluaran setiap bulannya. Namun, buatlah anggaran keuangan yang realistis dimana pengeluaran dan pendapatan juga seimbang sehingga dapat membuat hidup lebih efektif.

Faktanya, sebagian dari kawula muda malas untuk melakukan rancangan dari keuangan mereka. Menurut mereka, kegiatan ini cukup menyita waktu dan susah untuk dilakukan. Tetapi, mencatat pemasukan serta pengeluaran sangatlah penting untuk mengetahui dan mengevaluasi masalah keuangan kalian saat ini.

Langkah tepat yang bisa kalian ambil adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi manajemen keuangan. Berbagai aplikasi manajemen keuangan dapat mudah untuk kalian unduh melalui Google Play Store atau App Store. Nanti kalian dapat mencatat pendapatan dan pengeluaran dengan lebih realistis melalui telepon pintarmu. Aplikasi itu juga memiliki fungsi anggaran. Dengan fitur ini, kalian dapat mengetahui berapa banyak uang yang tersisa di setiap anggaran sehingga kalian tidak menghabiskan uang dalam anggaran yang telah ditetapkan.

Terdapat banyak aplikasi juga yang bisa menghubungkan akun kalian langsung dengan rekening bank sehingga kalian akan mudah dalam mengetahui transaksi masuk dan keluar pada rekening. Fitur lainnya yang bisa dinikmati yaitu reminder atau pengingat yang dapat mengingatkan kalian untuk tidak lupa mencatat pengeluaran keuangan.

Hal pokok lainnya dalam menyusun rancangan keuangan yaitu dibutuhkan sebuah niat Sebagian dari mereka memiliki kesalahan fatal karena telah membuat perencanaan yang baik, namun tidak diimbangi dengan niat yang kuat. Oleh sebab itu, kalian perlu menerapkan sikap disiplin saat menerapkan anggaran keuangan yang telah disiapkan. Lebih dari itu, berpegang pada prinsip ini akan memberikan dampak positif bagi rencana keuangan kalian kedepannya.

Mencari penghasilan tambahan 

Menemukan lebih banyak penghasilan juga merupakan salah satu keputusan keuangan yang harus dibuat untuk membuat resolusi keuangan di tahun 2021. Ada banyak cara untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan. Kalian dapat bekerja lembur agar dapat menghasilkan lebih banyak uang, memulai bisnis sampingan untuk mendapatkan uang tambahan.  Atau justru memilih sebagai seorang freelancer untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun, akan tidak bermanfaat apabila penghasilan tersebut digunakan untuk sesuatu yang konsumtif. Kalian dapat menjadikan opsi investasi sebagai ladang baru untuk membuat uang kalian berkembang. Sekadar tips, usahakan untuk memasukkan seluruh penghasilan tersebut kedalam investasi agar keuntungan yang diperoleh kalian juga semakin maksimal.

Nah, sobat Muda selama kalian bersedia berusaha untuk mencapai resolusi keuangan di atas, bukan tidak mungkin untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik di tahun 2021. Dengan menerapkan kiat-kiat jitu tersebut, diharapkan dapat mencapai tujuan finansial kalian, atau justru menjadikan kalian memiliki persiapan keuangan yang matang. Jadi, apakah kalian telah siap untuk melakukan perubahan?

Alvito Abimanyu, mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro Semarang Jurusan Akuntansi Perpajakan dan  Magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch X