Prinsip Buat Mahasiswa Untuk Meraih Prestasi

0
484

Halo sobat mahasiswa. Siapa sih  yang tidak ingin berprestasi. Pasti banyak mahasiswa yang tentu ingin berprestasi. Namun ada juga loh beberapa orang yang beranggapan bahwa yang berprestasi itu hanya orang-orang yang pintar saja. Kita harus menghindari beranggapan seperti itu ya teman-teman, karena berprestasi  tidak memandang kita harus pintar dan cerdas kok. Semua orang bisa berprestasi jika ia bisa menanamkan prinsip-prinsip dan tekad yang kuat untuk bisa meraih mimpinya.

Kita sebagai mahasiswa memiliki hak untuk berprestasi yang nanti akan meningkatkan citra yang baik untuk kampus dan memberikan energi positif untuk kita terus berkembang. Yang di maksud berprestasi, bukan hanya dari aspek akademik saja loh, kita juga bisa berprestasi dari kegiatan ekstrakurikuler di kampus dan berbagai macam kegiatan sosial di masyarakat. Menjadi mahasiswa berprestasi juga tidak memandang apakah ia senior ataupun yunior dikampus, namun seberapa besar kita memiliki tekad untuk mewujudkannya.

Jadi mahasiswa berprestasi itu tidak sulit kok, namun kita harus punya prinsip untuk menjadi pondasi dasar agar bisa terus semangat dalam mencapainya. Apa saja sih prinsip-prinsip seorang mahasiswa beprestasi. Berikut penjelasannya.

Motivasi  kuat

Kita sebagai mahasiswa harus bisa memotivasi diri kita sendiri, agar memberi semangat dan dorongan untuk bersaing. Motivasi kuat akan memampukan kita mengatasi semua rintangan-rintangan untuk melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya lebih dari apa yang telah dicapai sebelumnya.  Dengan motivasi yang kita miliki, kita akan terus berusaha dan tentunya tidak ingin hanya menjadi lulusan yang biasa saja.

Coba kita perhatikan profesi keren seperti insinyur, arsitek, dokter, direktur perusahaan dan lain sebagainya. Nah untuk bisa memiliki profesi tersebut harus memiliki nilai dan kualitas pendidikan yang baik. Jika kita ingin memiliki profesi yang keren kita jangan mau jadi lulusan yang biasa saja, karena itu akan memengaruhi kita untuk berkarir setelah lulus kuliah nantinya.

Mengatur waktu

Mengatur dan memanfaatkan waktu merupakan aspek yang penting untuk mahasiswa, karena mahasiswa yang pintar mengatur dan memanfaatkan waktu akan berpeluang untuk meraih prestasi dalam belajar. Dalam satu hari lamanya selama 24 jam. Nah selama waktu tersebut kita harus terampil membagi waktu untuk melakukan aktivitas rutin agar semua aktivitas berjalan dengan lancar. Kita bisa membuat agenda harian untuk membuat serangkaian kegiatan setiap hari.

Seperti pagi-pagi harus bangun untuk kuliah jika ada jadwal kuliah, selama dikampus kamu mengikuti semua kegiatan perkuliah dan manfaatkan waktu belajar di kelas dengan baik. Selain di kampus, waktu yang paling banyak ketika berada di rumah bersama kedua orangtua dan saudara-saudara. Apa saja kegiatan kalian selama berada di rumah? bermain, tidur, nonton, atau hanya rebahan sambil main game. Bermain ataupun santai dirumah juga merupakan suatu kebiasaan ya.

Selain itu kita juga bisa mendengarkan musik atau bermain bersama teman di luar rumah penting juga dilakukan. Tujuannya untuk membina hubungan sosial dan silaturahmi. Tapi jangan terlalu lama atau sempat menyita waktu kamu ya. Jika kamu juga punya waktu kosong dirumah sempatkan untuk berolahraga seperti push up, jalan-jalan di koridor rumah, sit up  atau sekedar naik turun tangga.

Atau bisa juga menghabiskan waktu luang kamu dengan mengikuti kegiatan sosialisasi di masyarakat seperti ikut gotong royong, dan tidak kalah pentingnya kamu jangan sampai lupa untuk mengikuti jadwal kegiatan ekstrakurikuler di kampus. Malam harinya setelah makan malam, kamu bisa langsung membuka buku pelajaran, membaca kembali pelajaran di kampus, mengerjakan tugas yang diberikan. Jika kamu termasuk orang yang malas untuk membaca, coba kamu buat rencana untuk meluangkan waktu selama lima menit dalam satu hari untuk membaca, kalau sudah, tutup bukumu dan nanti kamu lanjutkan pada hari berikutnya selama lima menit.

Lima menit itu enggak lama kok, dengan cara seperti ini bisa membentuk suatu kebiasaan dan nantinya bisa menghilangkan rasa malas. Nanti kamu akan terbisa untuk melakukannya setiap hari. Dan jangan lupa menyediakan waktu tidur dan beristirahat ya , karena sangat penting memulihkan stamina tubuh dan otak kamu.  Dengan membuat agenda kegiatan harian tentunya waktu kamu akan lebih bermanfaat setiap hari dan bisa kamu manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Mengulang materi  

Kadang-kadang  mahasiswa akan membuka buku kalau sedang ada jam kuliahnya saja. Hal ini harus kita hindari ya teman-teman. Mengulang membaca kembali materi-materi kuliah memang sangat jarang dilakukan oleh setiap mahasiswa. Dan yang menjadi tradisi mahasiswa setiap menjelang ujian, pasti menggunakan sistem SKS. Ya SKS (Sistem Kebut Semalam)  giliran besoknya mau ujian baru belajar satu hari sebelumnya.

Kebiasaan itu sangat tidak efektif ya sobat mahasiswa. Semua materi dan penjelasan yang diberikan dosen selama jam kuliah tidak dapat tersimpan dalam otak dengan baik, maka kita harus mengulang kembali pelajaran di rumah seperti membaca kembali materi, membuat ringkasan, atau catatan kecil untuk memperdalam dan mendapatkan pengertian tentang konsep materi pelajaran dengan baik.

Selain itu, mengulang pelajaran merupakan salah satu cara untuk memperkuat ingatan terhadap materi yang telah dipelajari. Dengan mengulang kambali materi, saat akan menjelang ujian, kita tidak perlu lagi harus belajar ataupun membaca semua materi, karena kita sudah paham dengan materinya, tentunya ini akan mempermudah dan membuat kita tidak tegang saat mengerjakan ujian. Mengulang kembali materi pelajaran tentunya  agar bisa di ingat kembali materi pembelajaran yang telah dipelajari sebelumnya. Jangan malas-malas untuk meriview kembali materi kuliah kalian ya teman-teman, karena ini sangat bermanfaat untuk dibiasakan.

Perluas pertemanan 

Di usia remaja, tentu kita bisa dengan mudah bertemu dan kenal dengan banyak orang. Jangan takut untuk bergaul dengan siapapun asal orang tersebut bisa memberikan dampak yang positif untuk masa depanmu. Bisa kita lihat orang-orang sukses. Mereka pasti mempunyai jaringan dan koneksi pertemanan yang luas. Dengan memiliki jaringan pertemanan yang luas tentunya kita akan mendapatkan banyak inspirasi dan bisa menjalin kerja sama yang bisa menguntungkan.

Dengan mengikuti berbagai macam kegiatan seperti kompetisi, seminar,  bergabung di komunitas, organisasi ataupun kegiatan lainnya, jadikan kegiatan tersebut sebagai wadah kamu untuk bisa perluas jaringan pertemananmu. Memperluas jalinan pertemanan banyak memberikan manfaat untuk karir kamu juga. Siapa tahu kamu di tawarin kerja bareng setelah lulus kuliah, membangun usaha bersama, bisa saling bertukar ide, atau bisa menjalin kolaborasi atau bekerja sama. Nah selagi itu bisa memberikan pengaruh positif maka jangan takut untuk mempeluas relasi pertemananmu ya.

Aktif berorganisasi 

Seperti yang sudah penulis bahas di atas sebelumnya, kita bisa berprestasi bukan hanya dari aspek akademik saja, namun dengan aktif dalam organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler di kampus juga bisa mendorong kamu untuk berprestasi loh. Kampus punya banyak organisasi yang bisa diikuti oleh mahasiswanya. Kamu enggak perlu ikut semua organisasinya ya.

Pilihlah yang kamu rasa cocok dan sesuai dengan minat kamu, organisasi yang tentunya bisa membuat kamu berkembang. Seperti, jika kamu hobi dengan kopi, kamu bisa mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) barista club di kampus atau gabung dengan komunitas Coffee Society, dengan mengikuti kegiatan sesuai dengan hobimu, kamu akan  menikmati setiap kegiatannya.

Ikut dalam kegiatan organisasi juga bisa membuat kamu memanajemen waktu dengan efektif dan disinilah kedisiplinan kamu akan dituntut seperti kamu harus bisa membagi waktu antara kegiatan akademik dan organisasimu. Dengan bergabung di organisasi akan memberikan manfaat untuk perkembangan prestasimu. Kalian bakal memiliki kesempatan untuk mengambangkan potensi diri, bisa membuat kita jadi lebih kreatif karena  organisasi bisa menjadi tempat kamu untuk mengasah keterampilan yang kamu miliki.

Dengan berbagai macam kegiatan positif dari organisasi yang kamu ikuti tentunya akan membuatmu menjadi pribadi yang semakin positif. Akan tetapi jangan sampai mengenyampingkan akademik karena terlalu sibuk dan fokus dengan organisasi ya, karena angka indeks prestasi komulatif  atau IPK tetap memiliki peran penting dalam kehidupan mahasiswa. Lulus atau tidak kita pada suatu mata kuliah akan menentukan IPK kamu.

Prinsip-prinsip yang di jelaskan di atas hanya beberapa hal yang umum ya teman-teman. Apa kalian siap nih menjadi mahasiswa berprestasi. Kalau siap, kalian bisa menyiapkannya dari sekarang ya guys. Teruslah aktif, kembangkan potensi yang kamu miliki dan pastinya tetap semangat ya sobat muda.

Dita Choirunnisa, Mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jurusan Pengelola Perhotelan