Jaga Kesehatan Mentalmu Pada Masa Pandemi

0
314

Halo sobat Muda! apa kabar? pasti kalian baik ya! Semoga di masa pandemi ini kalian tetap menjaga kesehatan kalian setiap hari. Semakin ke sini, jumlah orang yang terkena Covid-19 semakin banyak, mulai dari kalangan muda sampai kalangan tua, wabah ini tidak kenal umur bahkan tidak kenal status sosial.

Pandemi Covid-19 ini tidak hanya mengancam kesehatan fisik, tapi juga mengancam kesehatan mental setiap individu, namun banyak orang tidak menyadari bahkan masih belum terlalu perduli dengan hal ini. Apakah menjaga kesehatan mental di masa pandemi penting? Yuk kita bahas topik ini!

Menurut World Health Organization (WHO), pandemi tidak hanya menyerang kesehatan fisik tapi juga menyerang kesehatan mental. Kesehatan mental menjadi salah satu dampak yang mengancam masyarakat selama pandemi ini berlangsung. Banyak orang yang mengalami stres hingga depresi karena menghadapi pandemi ini, itu karena beberapa faktor yang menyebabkan kesehatan mental terganggu.

Menjaga kesehatan mental dimasa pandemi ini sangatlah penting, karena bila kita tidak menjaga kesehatan mental kita dengan baik dampaknya akan sangat berbahaya untuk diri kita, dan akan berdampak juga untuk orang-orang disekitar kita.

Contoh dampak yang mempengaruhi kesehatan mental kita di masa pandemi ini adalah, banyak orang mengalami gangguan kecemasan (anxiety disorder). Mereka yang mengalami gangguan ini merasakan kecemasan dan sangat khawatir terhadap berbagai hal bahkan ketika di dalam situasi yang normal. Gangguan kecemasan ini sangat mengganggu dimasa pandemi seperti sekarang, karena orang-orang akan memikirikan banyak hal setiap malam dan takut akan hari depan.

Banyak orang bingung dan belum tahu bagaimana cara mengatasi atau menjaga kesehatan mental dimasa pandemi ini. Nah, berikut adalah cara agar kalian bisa menjaga kesehatan mental kalian dimasa pandemi ini, yuk kita lihat!

Beraktifitas fisik

Kita bisa melakukan olahraga ringan atau aktifitas fisik di tengah pandemi. Kegiatan ini sangat membantu kita untuk terus menjaga kesehatan fisik kita. Cara ini juga efektif untuk kalian yang ingin diet tapi enggak mau terlalu bergerak banyak. Beraktifitas fisik bisa menambah mood kalian loh! Kalian juga bisa melakukan kegiatan ini bersama keluarga supaya hubungan antar anggota keluarga lebih erat!

Jenis aktifitas yang bisa kalian lakukan, olahraga ringan seperti melakukan push up, senam aerobik , atau juga kalian bisa melakukan kardio kecil yang bisa membuat badan kalian sehat loh sobat muda! Selain itu kita bisa melakukan olahraga lain seperti bersepeda di pagi hari atau jalan kecil di sekitar rumah kalian, tapi ingat kalian harus juga menaati protokol kesehatan ya sobat Muda!

Aktifitas lain bisa kalian lakukan seperti menari dengan musik yang enerjik. Kegiatan tersebut sangat mengasyikan untuk kalian yang sangat suka menari. Aktifitas fisik lainnya seperti membersihkan rumah juga bisa kalian lakukan dimasa seperti ini, selain membuat orang tua kalian senang, rumah kalian terlihat bersih dan sehat sobat Muda!

Lakukan kegiatan baru 

Cara ini juga sangat efektif untuk kalian yang ingin menjaga kesehatan mental kalian dimasa pandemi, kalian bisa mencoba hal baru yang belum pernah kalian lakukan. Dan juga hal ini sangatlah menarik untuk kalian yang sangat suka mencoba hal baru. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat menarik sekaligus dapat membuat mood kalian lebih baik.

Kalian bisa bereksperimen dengan hal hal baru, seperti membuat kerajinan tangan yang bisa kalian berikan ke orang yang tersayang loh sobat muda! Selain kalian bisa mendapatkan skill baru, kalian juga bisa lebih dekat dengan orang yang kalian sayang loh sobat muda, pastinya hubungan kalian akan semakin erat deh!

Selain itu kalian juga bisa membuat sebuah karya seperti puisi, lagu atau cerita loh sobat muda! Kalian bisa mengeksplor lebih lagi apa sih yang terjadi selama ini dan menuangkannya di dalam sebuah karya tulis ataupun sebuah lagu! Dan kalian juga bisa membagikannya di media daring, sehingga karya kalian dilihat oleh orang banyak.

Melakukan Hal yang kita sukai

Selama menjalani karantina dirumah, kita bisa melakukan hal-hal yang menjadi hobi kita seperti nonton film, main musik, memasak dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi kita. Selain meningkatkan produktifitas, kegiatan tersebut bisa menghilangkan rasa jenuh juga.

Kalau kalian suka memasak kalian bisa mencari resep di internet dan mempraktekannya dirumah lalu kalian bisa menikmati dengan keluarga kalian loh sobat muda, pasti ada rasa kepuasan tersendiri bila masakan kita dimakan oleh keluarga kita dan membuat mood kita merasa lebih baik!

Untuk yang suka musik seperti penulis, kalian bisa loh bermain musik yang ada dirumah dan mempelajari teknik baru yang belum pernah kalian coba. Dan juga kalian bisa juga membuat cover dari penyanyi terkenal dan kalian bagikan ke media daring. Bermain musik sambil bernyanyi adalah cara efektif untuk membuat mood kita naik loh sobat. Yuk dicoba!

Berkomunikasi dengan orang tersayang

Luangkan waktu kalian untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, dan orang-orang yang kalian sayang melalui chat, telepon atau bisa juga dengan video call. Ceritakan kekhawatiran dan kecemasan yang kalian rasakan. Dengan cara ini, tekanan yang kalian rasakan akan hilang secara perlahan dan kalian akan merasa lebih tenang.

Ceritalah kepada sahabat kalian bila kalian merasa ingin didengarkan, atau kalian juga bisa bercerita kepada keluarga kalian tentang apa yang selama ini kalian rasakan. Itu bisa menjadi sebuah meditasi untuk kalian yang sangat butuh teman cerita. Dan jangan lupa juga untuk mendengarkan nasihat atau advice dari teman dan keluarga kita karena itu juga hal yang sangat penting sobat Muda.

Selain itu kalian juga bisa mendekatkan diri lagi dengan orang yang kalian sayang dengan cara melakukan pertemuan online di platform conference. Kalian bisa melakukan nonton bersama atau sesi curhat bersama teman kalian, kalian juga bisa bermain gim disana! Dan itu sangat asyik dan bisa membuat keadaan kalian lebih baik loh sobat Muda.

Selalu bersyukur 

Kalau kalian merasa tidak bisa untuk bercerita dengan orang lain, kalian juga bisa melakukan cara ini. Berdoa adalah cara yang sangat efektif untuk membuat kekhawatiran dan kecemasan kalian hilang dan merasa lebih lega. Kita akan langsung terhubung dengan Sang Pencipta, dan langsung menceritakan apa yang sedang kita rasakan.

Berdoa adalah salah satu cara yang sangat penting dan bisa membuat diri kita lebih baik, renungkan apa yang selama ini kita rasakan dan kita cemaskan. Perbanyak ibadah untuk membuat diri kita lebih dekat kepada Pencipta dan membuat kesehatan mental kita semakin lebih baik. Ini adalah cara yang tepat untuk kalian yang tidak bisa menceritakan keadaan kalian oleh orang lain.

Jangan lupa juga untuk bersyukur setiap waktu! Karena ini adalah cara yang sangat berguna untuk kita semua dimasa pandemi ini. Walaupun kita berada dimasa yang sulit seperti pandemi ini, kita jangan pernah lupa juga untuk selalu bersyukur disetiap kondisi yang kita jalani. Bila kita menjalani hidup kita dimasa pandemi dengan rasa bersyukur maka perlahan-lahan rasa overthinking dan cemas kita akan hilang secara perlahan.

Rasa takut dan cemas itu normal kok bila dirasakan dimasa seperti ini, tetapi kita harus tetap berpikiran positive agar kesehatan mental kita tidak terganggu! Semoga masa pandemi ini cepat selesai dan kita bisa menjalankan aktifitas kembali dengan normal. Dan kalian harus ingat! Kesehatan mentalmu sangatlah penting! Keep positive and be grateful everyday!

Aldeitra Tanu Putri, mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jurusan Hospitality Pariwisata