Kemeriahan Inaugurasi Arsanadi FIA Universitas Brawijaya 2020

0
710

Kurang lebih selama empat bulan, mahasiswa baru Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya Malang menjalani rangkaian pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKKMB) di salah satu dalam Universitas Brawijaya itu. Setelah rangkaian demi rangkaian dilewati, mulai dari kuliah tamu sampai dengan sosialisasi PKM (program kreativitas mahasiswa), tibalah malam inaugurasi. Acara inaugurasi menandai berakhirnya rangkaian PKKMB. Panitia mengemas acara tersebut sebaik mungkin untuk dipersembahkan pada mahasiswa baru Fakultas Ilmu Administrasi tahun 2020.

Pada rangkaian Arsanadi 2, yang diadakan tanggal 21 November 2020 lalu, panitia mengumumkan bahwa rangkaian PKKMB sudah memasuki tahap akhir. Hal itumenjadi angin segar bagi sebagian mahasiswa baru fakultas ilmu administrasi. Tepat pada 28 November 2020, acara inaugurasi dilaksanakan untuk menutup seluruh rangkaian PKKMB. “Perasaan saya lega banget, akhirnya ospek selesai,” kata Abdiel Yusuf, mahasiswa baru program studi administrasi publik, saat dihubungi melalui aplikasi pesan singkat Whatsapp. Acara inaugurasi menjadi menandai berakhirnya seluruh rangkaian  PKKMB FIA UB 2020.

Pembawa acara memandu jalannya acara dengan meriah.
Foto: Tangkapan layar Youtube UB TV

Abdiel menambahkan, dirinya akan rindu PKKMB nantinya. “Bakal kangen bangun pagi, nyanyi mars UB, dievaluasi setiap selesai ospek. Pokoknya itu yang akan dikangenin dari ospek Arsanadi 2020” jelasnya. Selain itu, kesan terhadap PKKMB juga datang dari Andre Panca Wijaya, mahasiswa baru program studi perpajakan. “Tentunya seneng banget karena sudah inagurasi setelah kurang lebih tiga bulan ospek fakultas,” kata Andre, saat dihubungi melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp.

Acara inaugurasi PKKMB  berlangsung meriah dengan ditampilkan secara live streaming  di Youtube UB TV. Pembawa acara acara itu, Agung Yudhistira dan Maria Wian Sekar. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan sambutan dari ketua pelaksana PKKMB FIA UB 2020, Firmansyah Al Rasyid. Dalam sambutannya, Firman menyampaikan ucapakan terima kasih sebesar-besarnya kepada panitia PKKMB karena telah menyukseskan rangkaian Arsanadi FIA 2020. “Kepada mahasiswa baru yang sekarang sudah menjadi mahasiswa FIA, semoga kalian dapat berkontribusi yang baik bagi FIA UB dan Indonesia,” tutup Firman.

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, Prof. Bambang Supriyono, juga memberikan sambutan pada acara ini. Ia menaruh harapan besar kepada mahasiswa baru agar bisa berinovasi dan berkreativitas di mana pun tempatnya. “Semoga kalian dapat mengasah softskill dari ilmu yang didapat di bangku kulian” tuturnya.

Drama musikal yang dipersembahkan oleh Mahasiswa baru FIA UB 2020 untuk acara Inaugurasi PKKMB FIA UB 2020. Foto: Tangkapan layar Youtube UB TV

Acara inaugurasi  menampilkan karya-karya seni dari mahasiswa baru. Mulai dari penampilan bernyanyi, drama musikal, sampai dengan perkusi. Seluruhnya merupakan karya dari mahasiswa baru FIA 2020. Saat video penampilan karya mahasiswa baru ditampilkan, sontak kolom komentar di aplikasi Zoom ramai. Banyak mahasiswa baru yang memberikan komentar dan juga pujian. “Keren banget perkusinya” dan “wah merdu banget suaranya” merupakan dua dari banyak celotehan yang ramai di kolom komentar aplikasi Zoom.

Selain penampilan-penampilan karya seni, panitia juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada mahasiswa baru FIA UB 2020. MC mengumumkan juara-juara, seperti juara pembuatan esai, poster, video edukasi, dan pleton teraktif. Mahasiswa baru merasa senang karena karyanya bisa diapresisasi oleh semua pihak. Tak mau kalah, panitia juga menampilkan  flashmob di akhir acara.

Salah satu penampilan yang lain, yaitu perkusi. Mahasiswa baru membawakan lagu jingle Arsandi FIA 2020. Foto: Tangkapan layar Youtube UB TV

Pujian terhadap acara inaugurasi ini datang dari beberapa mahasiswa baru FIA UB 2020. Salah satunya, Uchi Ananda, mahasiswi program studi administrasi Pendidikan, saat dihubungi melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp, ia memberikan kesan yang menarik terhadap acara inaugurasi ini. “Keren banget acaranya, walaupun online, nggak kebayang sebelumnya kalo acaranya seperti ini. Jadi ga sabar pengen cepat-cepat kuliah offline,” katanya.

Selain itu, Imannia Alma, juga menyampaikan apresiasinya terhadap acara inaugurasi PKKMB FIA UB tahun 2020 ini. Alma, panggilan akrabnya, mengatakan “Seneng banget dengan acara inaugurasi ini, kan ini ospek fakultas, tapi panitianya menyiapkan udah kaya ospek universitas. Keren banget pokoknya,” kata mahasiswi program studi pariwisata ini, saat dihubungi melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp.

Firmansyah, ketua pelaksana PKKMB FIA UB 2020, duet dengan salah satu panitia untuk bernyanyi bersama menghibur mahasiswa baru FIA UB 2020. Foto: Tangkapan layar Youtube UB TV

Selain apresisasi terhadap kemeriahan acara PKKMB FIA UB 2020 ini, harapan juga datang dari para mahasiswa baru. “Kalau kita kuliah offline, semoga pertemanan kita semakin erat lagi. Wah pengen cepat-cepat kuliah offline deh biar cepat beradaptasi,” tutur Alma. Di sisi lain, Abdiel juga berharap agar mafia (mahasiswa FIA) semakin meningkatkan solidaritas satu sama lain. “Semoga kita jadi temen yang saling kenal satu sama lain, jadi angkatan yang solid, sampai bertemu di FIA ya!” kata Abdiel menyampaikan harapannya.

Rafi Ramadhan, mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Publik 2020 Universitas Brawijaya Malang dan magangers Kompas Muda Harían Kompas Batch  XI