Cara Meningkatkan Semangat Berolahraga di Masa Pandemi

0
149

Pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk melakukan segala aktvitas dari rumah saja. Mulai dari sekolah, kuliah, sampai bekerja. Sebelum ada aturan karantina, aktivitas kita banyak dilakukan di luar rumah. Contohnya seorang mahasiswa yang banyak berkegiatan di kampus. Setelah ada peraturan berkegiatan jarak jauh, kesehariannya menjadi berubah.

Diawali dengan bangun tidur, bersiap-siap, menuju meja belajar dan menatap layar kaca. Duduk di kursi hampir seharian, melaksanakan kuliah daring, mengerjakan tugas, dan berbincang dengan teman yang juga dilakukan dari layar kaca.

Sejak ada pembatasan, kegiatan bergerak kita menjadi sangat terbatas, karena kita hanya berada di rumah saja. Lalu apa solusinya agar kita tetap bergerak untuk mengeluarkan energi berlebih dalam tubuh kita? Ya, jawabannya adalah berolahraga. Banyak dari kita melaksanakan olahraga dengan konsisten saat awal pendemi saja. Makin kesini rasa semangat berolahraga rasanya seperti memudar karena sudah terlalu bosan dengan keseharian yang sama.

Berikut adalah tips-tips meningkatkan semangat berolahraga di masa pandemi Covid-19

Mencari teman

Mungkin kita bosan berolahraga karena kita tidak memiliki teman untuk saling menyemangati. Sejatinya kita butuh teman untuk saling support terutama dalam berolahraga. Agar olahraga kita tetap terlaksana dan konsisten.

Ajaklah salah satu temanmu untuk berolahraga bersama. Bisa melalui daring seperti video call atau luring dengan memerhatikan aturan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Membuat target

Sering kita menemukan orang-orang yang membuat target olahraga tidak sesuai dengan kemampuan dirinya. Misalnya, harus berolahraga rutin setiap hari. Mungkin jenis olahraga seperti itu tidak masalah bagi sebagian orang yang mampu melakukannya, namun menurut Kementerian Kesehatan RI, olahraga yang dilakukan tiga kali dalam satu minggu sudah cukup.

Olah karena itu sebelum membuat target, lebih baik kita mengetahui kemampuan kita dalam berolahraga. Atau jika sebenarnya tubuhmu mampu tetapi kira-kira bisa kaget jika tiba-tiba melakukan olahraga agak berat, maka kamu harus membiasakan diri untuk latihan memenuhi targetmu. Misalnya, ketika memulai, tak usah langsung harus satu jam berolahraga tetapi 30 menit dulu. Hari berikutnya tambah 10 menit, sampai terbiasa berolahraga selama satu jam penuh.

Olahraga yang bervariasi

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi seperti ini adalah olahraga lari, bersepeda, olahraga fisik (seperti push-up, plank, sit-up, dan lain-lain), zumba, yoga dan masih banyak lagi. Ketika kita bosan dengan olahraga lari maka cobalah dengan bersepeda, dan ketika kita bosan dengan bersepeda maka cobalah zumba.

Melakukan olahraga yang bervariasi jenisnya akan meningkatkan ketertarikan dan semangat kita untuk konsisten dalam berolahraga. Akan tetapi, tetap perhatikan protokol kesehatan saat berolahraga di luar rumah.

Panduan dari aplikasi

Saat ini sudah banyak kanal YouTube dan aplikasi lain yang menayangkan berbagai jenis gerakan-gerakan olahraga yang bisa kamu ikuti walaupun di rumah saja. Seperti, yoga, zumba, dan olahraga fisik lain. Beberapa kanal YouTube yang direkomendasikan buat kamu adalah self, body project, dan SKWAD fitness. Salah satu aplikasi olahraga seru yang bisa kamu download adalah 30 days fitness challenge.

Itulah tips-tips yang bisa kamu jalankan untuk meningkatkan semangat berolahraga di masa pendemi. Yuk kita bangun lagi semangat berolahraga kita karena kebiasaan itu penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita, terutama untuk menaikkan imunitas.

Di masa pandemi Covid-19, imunitas menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan berolahraga, imunitas kita akan tetap terjaga dan tubuh kita menjadi sehat. Bahkan, kesehatan mental kita pun terjaga bila kita rajin berolahraga.

Qanita Zulfa Sanaz, mahasiswi Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.