Mahasiswa Unair memaknai Hari Sumpah Pemuda Pada Masa Kini

0
295

Di masa sulit  karena pandemi Covid-19 yang  membuat masyarakat Indonesia sulit untuk melakukan segala kegiatan membuat perayaan hari penting bagi negara ini dilakukan secara virtual atau daring. Salah satu hari penting bagi warga Indonesia khususnya para pemuda di Indonesia yaitu Hari Sumpah Pemuda.

Menilk dari tanggal 28 Oktober 1928, perjuangan para pemuda dari berbagai daerah berkumpul untuk menyuarakan suaranya untuk kemerdekaan Indonesia. Hal ini menunjukkan, 92 tahun yang lalu para pemuda Indonesia sudah menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu figur penting dalam proses membawa Indonesia menuju kemerdekaan.

Namun, sekarang rasa persatuan pemuda di Indonesia mulai memudar. Lantas mengapa hal itu bisa terjadi? karena banyak pengaruh dari kebudayaan luar juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat para pemuda Indonesia terpengaruh dengan kebudayaan luar, sehingga mereka lebih memilih  menghargai kebudayaan luar dibandingkan kebudayaan Indonesia. Beruntung, tidak semua pemuda seperti itu.

Pemuda di Indonesia banyak yang masih memiliki rasa nasionalisme. Mereka juga tetap bersemangat memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tahun 2020, pada Rabu (28/10/2020) meskipun dalam kondisi yang sulit ini. Terlihat banyak Mahasiswa di Indonesia melakukan berbagai proyek. Salah satunya adalah mahasiswa dari Universitas Airlangga Program Studi Ilmu Sejarah Angkatan 2019.

Para mahasiswa dari Universitas Airlangga Program Studi Ilmu Sejarah Angkatan 2019 atau Adhigana (nama angkatan 2019 program studi Ilmu Sejarah Unair) melakukan project membuat video  peringatan hari Sumpah Pemuda secara daring yang dibagikan ke sosial media yaitu Instagram. Tindakan itu memperlihatkan bahwa mahasiswa Ilmu Sejarah Angkatan 2019 Universitas Airlangga masih peduli terhadap hari yang penuh makna bagi pemuda Indonesia.

Meskipun pengambilan video dilakukan secara daring, dalam proses yang cukup panjang dan sulit karena terdapat berbagai hambatan. Para Mahasiswa Ilmu Sejarah Angkatan 2019  terlihat semangat untuk memperingati hari Sumpah Pemuda dengan melafalkan teks Sumpah Pemuda secara bersamaan.

Potret Mahasiswa Ilmu Sejarah Angkatan 2019 Universitas Airlangga melafalkan teks Sumpah Pemuda dalam Video Project

Dalam project tersebut, terlihat  para mahasiswa ingin merayakan hari Sumpah Pemuda secara virtual dengan para pemuda Indonesia lainnya. Mereka sama-sama memiliki harapan agar para pemuda di Indonesia selalu memiliki rasa persatuan dalam dirinya seperti para pemuda yang bersatu dan berani menyuarakan suaranya pada 28 Oktober 1928 lalu.

Para mahasiswa Unair berharap  pemuda masa kini semakin sadar dan meningkatkan rasa nasionalisme dengan menghargai dan mencintai kebudayaan Indonesia. Semoga juga para pemuda masa kini dapat menjadi generasi emas agar nantinya dapat membangun Indonesia menjadi negara yang maju dan sejahtera.

Salam Sumpah Pemuda! Hidup mahasiswa! Hidup Masyarakat Indonesia!

Nurul Ainun Fitriyah, mahasiswa Universitas Airlangga Program Studi Ilmu Sejarah