Rapmafest : Tetap Produktif di Kala Pandemi

0
160

Pandemi virus korona yang masih terus bergejolak sudah menyita waktu kita semua. Segala kegiatan kini berbasis online atau daring. Mengadakan pertemuan seperti seminar, kegiatan perkuliahan dan sekolah kini dilakukan di rumah. Berbicara tentang seminar atau yang kini sering kita dengar dengan webinar, nampaknya sudah makin banyak dilakukan oleh institusi – insititusi , baik di area lokal maupun internasional.

Pada seminar biasanya hanya mengundang narasumber yang dapat memberikan wawasan lebih kepada para pesertanya, namun, ada yang berbeda dengan webinar yang satu ini. Universitas Muhammadiyah  Surakarta (UMS) dan radio Rapma FM dengan bangga mempersembahkan webinar nasional yang bertajuk “ Rapmafest #7 : Push Your Passion During A Pandemic”.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2020 itu, sekaligus untuk merayakan berdirinya Rapma FM yang ke 23 Tahun. Cukup membayar tiket masuk seharga Rp. 25.000 – Rp. 35.000 kita sudah bisa mengikuti acara tersebut. Hal yang membuat webinar itu sangat berbeda dengan webinar – webinar yang lainnya, yakni menggabungkannya dengan festival musik.

Oh ya, narasumber yang diundang pun sudah dikenal kredibilitas dan keahliannya. Sebut saja, Kristo Immanuel dan Kresna Julio. Kristo Immanuel dikenal sebagai content creator dan impersonator. Sedangkan Kresna Julio dikenal sebagai announcer dari Prambors Radio. Di sisi lain , untuk mengisi festival musik  panitia menampilkan Eclat Story dan Smells Good. Yang muda yang berbakat, nampaknya hal ini cocok untuk para pengisi acara.

Dipandu oleh Rahman Hakim, kedua narasumber membahas bagaimana  anak muda khususnya,  tetap produktif di masa pandemi. Seperti yang disampaikan oleh Kristo Immanuel untuk tetap produktif, kita tidak boleh bermalas – malasan, melainkan perlu mencari hal baru untuk dilakukan seperti hobi baru atau kegiatan yang memberikan dampak positif bagi kita.

foto : Dokumentasi Pribadi
Kristo Immanuel sedang memaparkan materi. Foto : Dokumentasi Pribadi

Jika ingin mengisi kegiatan kita dengan membuat video maka carilah referensi dari content creator yang berbeda – beda. Dan yang terakhir , yakni stay say. Dalam hal ini kita bisa chatting dengan sahabat atau kerabat, bisa mengajak berbicara dengan orang tua, adik atau kakak di rumah.

Sementara Kresna Julio menjelaskan, walaupun pandemi menghambat seluruh kegiatan kita, namun kita masih tetap bisa melakukan apa saja yang kita mau. Namun, dalam hal ini kita harus menanamkan niat yang kuat di dalam diri kita. “ Just love your self and just be you self”,  ujar  Kresna Julio memberi pesan sebelum meninggalkan seminar.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini sangat menghibur dan menginformasi. Dengan penyampaian materi berasal dari para pemuda yang berbakat , tentunya dapat mengispirasi anak muda atau para peserta untuk tetap produktif dan kreatif selama pandemi.

Pada dasarnya, pandemi bukan hambatan untuk tetap berkreatifitas. Selain para narasumber yang memaparkan materi dengan menarik dan menginspirasi, juga para musisi yang turut andil dalam memeriahkan Rapma Fest tahun ini.  Semoga acara ini dapat dilaksanakan untuk tahun depan ya, kawan.

Tania Diandra Paramitha, mahasiswa Ilmu Komunikasi  Universitas Buddhi Dharma