Manfaat Di Rumah Aja Bagi Kesehatan Mental

0
48

Di rumah aja selama pandemi virus Covid – 19 ini tidak selamanya memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan mental. Ada beberapa hal baik yang bisa bermanfaat untuk diri kita. Selama di rumah aja, kita diberikan banyak waktu dengan diri sendiri. Waktu ini tidak pernah kita dapatkan sebelumnya karena sibuk dengan berbagai urusan. Daripada terus melihat dampak negatifnya, kita sekarang bisa lebih fokus terhadap dampak positif bagi tubuh kita.

Manfaat di rumah aja salah satunya adalah bisa melakukan tindakan menjaga diri. menjaga diri adalah merawat diri. Merawat diri baik fisik ataupun mental. Sadar atau tidak mungkin selama dirumah aja kita sudah dan sedang melakukan merawat diri sendiri atau self care yang sekarang menjadi rutinitas kita.

Ada yang mulai berolahraga secara rutin, melakukan perawatan tubuh, minum teh bersama keluarga, lebih dekat dengan Tuhan, menikmati kehidupan, melakukan hobi, tidur yang cukup dan banyak hal lainnya yang kamu lakukan membuat dirimu tenang dan lebih menyadari keberadaan dirimu sendiri. Hal ini bisa di katerogikan sebagai bentuk menjaga diri.

Sebelumnya kita jarang melakukan kegiatan tersebut karena sibuk berkerja, sekolah, kegiatan. Fokus  dan energi kita tidak bisa dihabiskan untuk diri kita sendiri seperti sekarang. Menjaga atau merawat diri dapat meningkatkan kualitas hidup, seperti mengembangkan diri, lebih mengenal diri sendiri, hingga memperbaiki kekurangan diri. Usaha tersebut menjadikan diri kita juga lebih baik dari sisi kesehatan mental.

Mencintai diri, menjaga diri bisa mengembangkan kecintaan kepada diri kita sendiri. Kecintaan terhadap diri sendiri mengajarkan kita untuk lebih mau mengenal diri sendiri, percaya diri, hingga peduli diri sendiri. Selama ini kita yang sibuk dengan kegiatan kadang-kadang lupa dengan diri sendiri.

Mencintai diri sendiri sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental kita dan untuk melawan hal – hal buruk itu.

Seperti walaupun sudah banyak pencapaian yang kita lakukan, tapi kita terlalu sibuk melihat orang lain. Ingin selalu merasa unggul, tak tersaingi, merasa kurang, merasa tidak berguna, memberikan tuntutan – tuntutan pada diri sendiri sehingga kita lupa dengan diri sendiri.

Mencintai diri sendiri sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental kita dan untuk melawan hal – hal buruk itu. Waktu dengan diri sendiri ini memberikan kita kesadaran lebih terhadap diri. Kita jadi lebih banyak berdialog dengan diri sendiri. Berdialog ini membuat kita menyadari hal apa yang terbaik untuk kita, apa hal yang disukai atau tidak, mulai fokus terhadap diri sendiri dibandingkan melihat orang lain, belajar bersyukur, hingga memaafkan diri sendiri. Dengan begitu kita bisa mencapai kepada penerimaan dan mencintai diri sendiri.

Selama pandemi virus covid – 19 kita diberikan banyak waktu dimana fokus dan energi kita bisa kita kerahkan ke diri sendiri. Salah satunya melakukan menjaga diri dan menumbuhkan kecintaan pada diri kita sendiri. Kedua hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan membentuk mental yang kuat. Selama ini kita yang rutin memberi perhatian kapada diri sendiri saat pandemi sudah berakhir dan kita kembali sibuk, secara tidak langsung menjadikan diri kita terbiasa. Menjaga diri bisa melepas penat, tekanan, stress yang memperbaiki laju hidup.

Mencintai diri sendiri menjadikan mental kita lebih kuat dalam menghadapi tekanan hidup. Dengan begitu kita lebih tenang dan bisa memperbaiki kulitas hidup kita. Terbiasa menumbuhkan rasa cinta diri sendiri dari sekarang kita bisa menjadikannya kebiasaan yang baik. hal ini memberikan dampak yang baik bagi kehidupan kita. Mulai jauh dari perasaan negatif, mendapatkan energi positif, hingga menjaga kesehatan mental kita.

 

Mochamad Thariq Yafie, mahasiswa Jurusan Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta