Tak Hanya Ikut Tren, Bersepeda Ternyata Punya Banyak Manfaat

0
115

Bersepeda menjadi tren positif yang diyakini bisa meningkatkan sistem imun tubuh di tengah kondisi pandemi Covid-19. Tidak heran permintaan sepeda kini meningkat pesat, bahkan masyarakat harus rela antre untuk mendapatkan sepeda yang mereka inginkan.

Selagi, sedang jadi tren, tahukah kalian apa såja sih manfaat bersepeda ? Ternyata naik sepeda tidak hanya untuk alat mendapat keringat saja loh. Memang ada unsur bergaya juga sih. Mau tahu lebih ? Simak yuk di bawah ini.

Foto : Ita Puspitasari

Berikut ini manfaat bersepeda di tengah Pandemi Covid-19

Alternatif tranportasi

Dengan bersepeda kalian bisa mengurangi menggunakan tranportasi umum, loh. Cara tersebut dapat mengurangi penyebaran Covid-19. Bersepeda juga membuat kita menerapkan pembatasan sosial  yang dianjurkan oleh pemerintah. Dengan bersepeda alih-alih menggunakan transportasi umum, kalian menghindari banyak resiko untuk diri sendiri dan orang lain.

Menggerakkan badan

Dalam masa pandemi Covid-19 kita mengurangi aktivitas yang kita lakukan di luar rumah. Selama tiga bulan terakhir ini,  kita hanya dirumah saja dan melakukan aktivitas yang ringan, sehingga badan kita kurang melakukan olahraga. Padahal, tubuh yang kurang gerak justru meningkatkan resiko munculnya penyakit baru.

Bersepeda merupakan pilihan yang baik untuk melakukan olahraga  sebagai latihan fisik untuk tubuh kita. Selain banyak bagian tubuh kita bergerak, dengan bersepeda juga membuat kita bisa melihat pemandangan yang berbeda di tempat yang kita lalui. Badan sehat, pikiran pun segar karena menikmati suasana baru.

Perkuat kekebalan tubuh

Manfaat dari bersepeda di tengah pandemi juga menjadi salah satu cara sangat ampuh untuk memperkuat imun tubuh kita. Lewat kegiatan bersepeda, tubuh akan membangun lebih banyak vitamin D yang berkontribusi pada suasana hati dan waktu tidur, serta puncaknya kekuatan sistem imun.

Tak hanya itu bersepeda menjadi aktivitas yang sangat baik untuk pertukaran udara dan oksigen. Hal ini juga membantu melancarkan suplai darah pada tubuh kita.

Mengontrol berat badan

Bersepeda mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh sehingga bisa membantu mengontrol kelebihan berat badan kita loh, kaum muda. Selain itu, bersepeda dapat meningkatkan metabolisme dan membentuk otot, yang memungkinkan kalian membakar lebih banyak kalori.

Di masa Pandemi ini kita kurang melakukan aktivitas seperti biasanya bukan. Nah, bersepeda bisa menjadi pilihan untuk kita berolahraga.

Nah, itu tadi manfaat bersepeda pada masa normal baru ini. Bagaimana, sudah siap untuk bersepeda? Tetap perhatikan protokol kesehatan, ya. Perhatikan rambu-rambu lalulintas, dan patuhi aturan bersepeda agar kalian selamat saat melakukan kegiatan secara menyenangkan.

Ita Puspitasari, mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas AMIKOM Yogyakarta.