Kursus Sains Daring Untuk Menambah Wawasan Selama Di Rumah Aja

51
1566

Mewabahnya virus covid-19 mengharuskan para pelajar termasuk mahasiswa untuk belajar dari rumah dan belajar di rumah. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menambah ilmu selama belajar di rumah. Di Indonesia banyak kursus secara daring yang tersedia. Saat masa pandemi covid-19 ini bahkan banyak kursus secara daring yang menggratiskan penggunanya.

Edx dan Khan Academy adalah salah satu kursus daring yang berasal dari luar negeri. Apakah ada perbedaannya dengan kursus daring yang sudah ada di Indonesia?. Edx dan Khan Academy berbeda dengan kursus yang sudah tersedia di Indonesia. Berikut pemaparannya.

Edx Online Courses
Untuk mengakses kursus online ini kalian bisa klik atau search pada google www.edx.org atau kalian bisa mengunduh di Playstore. Selanjutnya kalian bisa memilih subjek yang akan kalian pelajari. Di Edx ini kalian bisa juga memilih subjek selain sains. Kursus ini juga terhubung dengan kampus Harvard dan kampus Oxford, namun disayangkan, kursus daring ini hanya menyediakan bahsa inggris.

Sisi positifnya kalian bisa menambah wawasan bahasa inggris dari kursus itu. Biasanya kursus tersebut menampilkan jangka waktu dan berapa lama kursus ini berlangsung. Kursus ini juga bisa mendapatkan sertifikat, namun kita harus membayar untuk mendapatkan sertifikat.

Khan Academy
Khan Academy menampilkan video yang  menarik. Selain itu di dalam Khan Academy setiap menit di video dijelaskan materi dengan sangat jelas. Jadi apabila kalian ingin belajar tetapi tidak ingin menyedot kuota yang banyak, kalian bisa merangkum video dari penjelasan yang berada di bawah video. Video juga bisa diunduh jadi bisa ditonton kapan saja.

Untuk mengakses Khan Academy kalian bisa mengunduhnya di Playstore atau juga bisa menonton di YouTube, namun lebih lengkap kalau kalian melihat dari aplikasinya. Khan Academy sudah dilengkapi dengan berbagai bhasa, namun ada beberapa video yang belum tersedia bahasa Indonesia.

Selain Khan Academy dan Edx Online Courses, masih ada beberapa kursus sains secara daring. Berikut beberapa kursus sains yang bisa kalian telusuri.

Coursera.org
Coursera.org merupakan website kursus sains daring yang gratis. Selain itu coursera juga memiliki aplikasi di playstore yang lebih memudahkan penggunanya. Coursera memiliki kerjasama dan terkait dengan beberapa kampus ternama seperti, Arizona University, Standford, University of Pennsylvania, John Hopkins University dan masih banyak lainnya.

Namun ada beberapa kursus yang mewajibkan penggunanya membayar kursus tersebut. Untuk kursus yang berbayar kalian akan mendpatkan sertifikat sama seperti Edx online courses. Dalam coursera tidak hanya tersedia kursus sains, namun ada beberapa kursus lainnya seperti bisnis, teknologi, algoritma, dana masih banyak lainnya.

Classcentral.com
Kursus online ini bisa diakses melalui website classcentral.com. Classcentral juga merupakan kursus sains daring gratis yang dilengkapi dengan overview materi dan silabus yang memudahkan kita untuk mendapatkan gambaran tentang materi yang akan dipelajari. Website ini juga terhubung langsung dengan Edx dimana lebih mudah untuk menonton video pembelajaran.

Kursus ini juga gratis namun untuk mendapatkan sertifikat kita diharuskan membayar sekitar 50 dolar AS. Jika kalian tidak ingin mengeluarkan uang untuk membayar kalian tidak usah khawatir karena untuk kursus gratis. Selain sains kalian juga bisa mempelajari humanities, bisnis, kesehatan, dan matematika. Classcentral juga bekerja sama dan terkait dengan beberapa kampus ternama seperti, MIT, Standford, dan Harvard.

Nah itu dia beberapa kursus daring yang bisa menmbah wawasan kalian selama #dirumah aja. Menarik bukan?.

Azzah Auliya Mawarni, Mahasiswa Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta