Mahasiswa Mesin Universitas Pancasila Bantu Warga Bogor

0
135

Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Pancasila Jakarta kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu “Mesin Pancasila Bina Desa 2020”.

Acara yang mengambil tema “Semangat Solidaritas Mengabdi Untuk Masyarakat” ini menargetkan peningkatan UMKM di Kabupaten Bogor lewat desa-desa yang tertinggal untuk dijadikan desa yang mandiri dengan cara pembentukan dan pembinaan UMKM.

Mesin Pancasila Bina Desa 2020 melakukan pengabdian di Kampung Baragajet, Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, mulai dari 10 Februari – 17 Februari 2020.

Desa Leuwisadeng memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan, mulai dari sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Wilayah desa yang berada di daerah perbukitan memungkinkan untuk berbagai jenis tumbuhan tumbuh subur, yang hasilnya dapat diolah lebih lanjut, guna meningkatkan perekonomian dan menumbuhkan sumber daya manusia untuk lebih baik.

Masalahnya, warga desa masih memiliki kekurangan pengetahuan terhadap inovasi pemanfaatan sumber daya alam. Kurangnya pembekalan yang diberikan kepada warga menyebabkan nilai jual dari Prukades (Produk Unggulan Kawasan Perdesaan) menjadi tidak dapat memenuhi potensi yang dimiliki.

Padahal apabila sumber daya alam tersebut dapat dikelola dengan proses produksi yang efektif, maka perolehan laba yang didapat akan optimal. Hal-hal seperti itu yang menghambat Desa Leuwisadeng untuk berkembang sehingga taraf hidup masyarakat tetap stagnan.

Untuk memberi solusi masalah yang dihadapi warga Desa Leuwisadeng, tahun ini, Mesin Pancasila Bina Desa 2020 akan melaksanakan program yang berfokus pada pembentukan UMKM  guna mendorong sektor ekonomi kreatif. Fokus kami membentuk UMKM perajin bambu. Alat pembelah bambu dirancang khusus oleh mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pancasila. Nanti hasil dari kerajinan bambu tersebut akan menjadi produk unggulan dari Desa Leuwisadeng yang sudah memiliki pembekalan untuk menghasilkan kerajinan bambu yang memiiki kualitas tinggi.

Selain pemebentukan dan pembinaan UMKM, Mesin Pancasila Bina Desa 2020 akan membangun penerangan jalan, pembuatan MCK, penyuluhan kesehatan, dan pesta rakyat.

Dwi Angga Rilianto, mahasiswa Universitas Pancasila Jakarta