Jelang Konser Super Junior : Yuk Mengenal ELF Indonesia

0
205

Dewasa ini, siapa yang tidak kenal K-pop? Genre musik yang berasal dari negeri ginseng tersebut telah merebut hati banyak orang dan telah memiliki banyak penggemar pula. Mulai dari anak muda hingga orang dewasa, pasti semua telah mendengar mengenai artis K-pop, paling tidak sekali saja.

Karena itu pula, artis-artis K-pop banyak berkunjung dan menyelenggarakan konser di Indonesia. Bahkan, ada beberapa artis K-pop yang telah menyelenggarakan konser berkali-kali di sini. Salah satunya adalah Super Junior.

Pada tanggal 11 Januari nanti, Super Junior akan menyelenggarakan konser di Indonesia sebagai bagian dari tur dunia mereka yang bertajuk Super Show 8: Infinite Time. Indonesia menjadi negara ke-4 yang mereka kunjungi dalam tur konser ini setelah Jepang, Thailand, dan Filipina.

Mengingat grup K-pop asuhan SM Entertainment ini merupakan salah satu grup dengan jumlah fans terbesar di Indonesia, kami tertarik untuk mengetahui animo para ELF (Everlasting Friends) atau penggemar Super Junior di Indonesia. Siapa lagi yang lebih tahu tentang idolanya daripada fansnya sendiri? Oleh karena itu, kami memutuskan untuk berbincang lebih dalam lagi mengenai Super Junior dengan grup fanbase Super Junior di Indonesia, yaitu ELF Indonesia.

Pada Rabu (8/1/2020) siang lalu, Dede, Mira, Pepe, Deelle, Dandy, dan Clara dari ELF Indonesia berbagi cerita tentang pengalaman mereka selama menjadi fans Super Junior di Indonesia dan menjadi anggota dalam grup fanbase Super Junior ini. Ada yang sudah menjadi fans Super Junior sejak awal kemunculannya.

Bahkan ada juga yang sudah mengetahui Super Junior sejak awal, namun baru benar-benar menyukai mereka pada tahun 2016. Tapi, pada akhirnya, mereka semua berkumpul dalam grup yang sama dan dapat menyalurkan kecintaan mereka pada Super Junior.

“Awalnya kami berdiri dengan nama Super Junior Area pada tahun 2012, lalu di tahun 2018 berganti nama menjadi ELF Indonesia.com,” ujar Deelle, ketua ELF Indonesia. “ELF Indonesia terdiri dari banyak fans Super Junior di Indonesia. Dari yang tadinya terpisah-pisah, kami ada keinginan untuk jadi satu dan akhirnya lebur dalam grup fanbase ini,” jelas Deedle.

Selama tergabung dalam ELF Indonesia, ada banyak pengalaman yang mereka dapatkan. Mulai dari menonton konser bersama-sama, merancang fan project atau proyek yang memungkinkan mereka memberikan sesuatu untuk Super Junior saat konser di Indonesia. Atau melakukan kegiatan amal di proyek sosial mereka. Salah satu proyek sosial yang paling berkesan untuk para anggota ELF Indonesia adalah saat mereka membantu para korban tsunami di Banten pada awal tahun 2019 lalu.

Dalam fan project yang selalu mereka adakan di tiap konser Super Junior di Indonesia, selalu ada pengalaman berkesan dan kocak yang mereka alami. “Pada suatu kesempatan, kami pernah memberikan sejumlah makanan ringan untuk diberikan pada Super Junior. Di luar ekspektasi kami, rupanya ada makanan yang diambil oleh mereka, salah satunya adalah sosis Solo,” ujar Deelle.

Mengerti fans

Grup fanbase ELF Indonesia adalah grup fanbase yang bisa dikata terbilang unik. Pasalnya, mereka bukan hanya menjadi wadah untuk para fans Super Junior di Indonesia agar dapat bersatu dan menyalurkan kecintaan mereka masing-masing terhadap Super Junior. Selain itu grup itu juga menjadi tempat para fans lain dapat membeli berbagai album, merchandise, hingga tiket konser Super Junior dengan aman dan nyaman.

“Kami membuka jastip (jasa titipan) untuk para ELF di Indonesia yang ingin membeli album atau merchandise Super Junior. Dalam usaha jastip ini, kami tidak mengenakan biaya lebih untuk para fans, karena kami juga mengerti fans-fans di Indonesia tidak ingin dipersulit dalam membeli barang-barang tersebut,” lanjut Deelle. Selain itu, alasan lainnya mereka membuka jastip dalam tiket konser Super Junior adalah demi menghindari calo atau penipuan.

Belajar banyak

Tidak hanya sekadar mengagumi Super Junior belaka, para anggota ELF Indonesia juga mengakui bahwa musik K-Pop telah membuat mereka menjadi fans yang lebih baik dan juga belajar banyak hal baru. Salah satunya, belajar bahasa Korea.

“Setelah melihat Super Junior, kami juga belajar bahasa Korea dan mengucapkannya dengan benar,” kata Pepe. Ibu yang anaknya sudah berkuliah ini menyatakan bahwa selain itu, K-Pop pun juga menjadi penyemangat untuk para penggemarnya agar dapat rajin bekerja, rajin belajar, dan mungkin juga rajin menabung agar dapat membeli album dan merchandise dari grup yang mereka suka.

Hal lainnya yang membuat para fans K-Pop dapat berkembang menjadi lebih baik menurut mereka adalah budaya Korea yang sangat menghargai satu sama lain. “Sebenarnya, di Indonesia juga serupa, namun di Korea, sangat terlihat bahwa mereka punya rasa saling menghargai yang tinggi antara satu dengan yang lain,” kata Mira. Mereka mengaku kagum dengan cara para artis Korea memperlakukan para fansnya dengan baik, hangat, dan menghargai mereka.

Oh ya, seperti yang sudah dilihat di atas tadi, ELF Indonesia juga sudah menyiapkan sebuah fan project, lho, untuk konser Super Show 8 ini! Penasaran seperti apa fan project milik mereka? Ikuti terus keseruan mereka dalam artikel Kompas Muda selanjutnya, ya!

Nadia Theresa Johari, Mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Universitas Bina Nusantara Jakarta, Magangers Batch X Kompas Muda Harian Kompas