Utama Raya : Tempat Istirahat di Akhir Tahun dengan Fasilitas Lengkap

0
11318

SITUBONDO, INDONESIA- Pada akhir tahun seringkali dimanfaatkan banyak orang untuk pulang ke kampung halaman. Biasanya orang-orang memilih untuk menggunakan  kendaraan pribadi. Hal ini menimbulkan kemacetan dan kepenatan di sepanjang jalan. Utama Raya adalah salah satu rest area di Jalur Pantura yang dapat menjadi pilihan untuk beristirahat dengan fasilitas lengkap.

Utama Raya merupakan rest area, penginapan dan wisata pantai yang berada dalam satu kawasan. Utama Raya sendiri berlokasi di Jalan Krajan, Kecamatan Banyuglugur,  Kabupaten Situbondo , Jawa Timur .Tempatnya dari arah Barat 2 km dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap Paiton dan dari arah Timur kira-kira 3 km dari Pantai Tampora.Wisata lainnya yang ada di dekat Utama Raya adalah Pantai Pasir Putih dan Candi Jabung.

Utama Raya dibagi menjadi tiga kawasan yang terdiri dari rest area, café n resto dan SPBU. Untuk meningkatkan pelayanannya Utama Raya juga menambah fasilitas toilet bersih, ATM,  Musholla, Supermarket dan cottage yang dekat dengan pantai. Awalnya Utama Raya hanya menyediakan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) dan toilet umum yang terkenal dengan kebersihannya,  namun kini Utama Raya mengembangkan fasilitas lengkap dengan harga yang terjangkau untuk memuaskan pelanggan.

Tersedia toilet umum dan VIP bagi pengunjung. Dok Prib Kompas Corner UMN

Fasilitas toilet bersih dibagi menjadi dua bagian yaitu toilet VIP dan toilet umum biasa. Kedua toilet ini memiliki fungsi dan tarif yang berbeda. Toilet VIP dikhusukan untuk keperluan mandi dengan tarif Rp 10.000 dan toilet umum adalah toilet jongkok dengan tarif Rp 2.000. Dari segi pelayanan toilet dibersihkan setiap kali selesai digunakan dan untuk toilet VIP pihak manajemen menyediakan peralatan mandi.

Tempat parkir yang luas dari Rest Area Utama Raya. Dok Prib Kompas Corner UMN
Nampak lain sisi Cafe Utama Raya. Dok Prib Kompas Corner UMN

Untuk pengemudi yang kelelahan dan lapar bisa beristirahat dan membeli makanan di Circle Café dan Garden Resto yang menyajikan berbagai menu sarapan, makan siang dan makan malam. Halaman parkir Utama Raya berkapasitas besar dan dapat menampung  berbagai jenis kendaraan, roda empat hingga bus pariwisata.

Jika  menginap di Utama Raya kita dapat menikmati matahari terbit dan terbenam dengan akses pantai yang tersedia.Pihak manajemen juga sedang membangun fasilitas water park yang akan dibangun berdekatan dengan pantai. Pelayanan yang memuaskan ini tentu terbayar dengan kepuasan pengunjung  dari berbagai daerah. Salah satunya adalah Supriarti Wijayanti yang sedang melakukan perjalanan pulang  ke Banyuwangi. “Saya sering sekali mengunjungi Utama Raya untuk sekedar beristirahat dan mandi. Toiletnya bersih. Pelayanan yang  baik tercermin dalam  ketersediaan fasilitas untuk beribadah yang memadai.” Ungkap Suprianti.

Akses pantai di belakang Rest Area Utama Raya . Dok Prib Kompas Corner UMN

Tidak hanya pengunjung biasa beberapa aparat kepolisian juga bersitirahat di Utama Raya. Aparat kepolisian Iptu Ardhi Bita Kumala S.H selaku Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Banyuwangi  mengungkapkan pentingnya rest area dengan fasilitas lengkap dan  menitipkan pesan kepada  pengguna jalur Pantura .

“ Kami berharap pengelola rest area lainnya  dapat mencontoh kelengkapan fasilitas  Utama Raya. Sehingga para pengemudi dapat beristirahat di rest area dan melanjurkan perjalanan hingga sampai ditujuan dengan selamat . Alasan keamanan pengendara yang mengantuk dilarang berkendara karena  dapat membahayakan pengemudi lainnya” jelas Iptu Ardhi. Mengingat angka kecelakaan meningkat setiap tahunnya akibat pengemudi lalai, lebih baik beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

PENULIS : KOMPAS CORNER UMN / ADONIA BERNIKE ANAYA

EDITOR : KOMPAS CORNER UMN / ADONIA BERNIKE ANAYA

FOTOGRAFER : KOMPAS CORNER UMN / ADONIA BERNIKE ANAYA