Beraktivitas Lebih Bebas di “Car Free Day” Jakarta

0
46

Sobat Muda pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan Car Free Day  atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) yang diadakan setiap hari Minggu dari jam 06.00-11.00 yang bertempat di sepanjang Jalan Jendral Sudirman- Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Kegiatan Car Free Day  terbuka untuk umum dan dapat dijadikan tempat rekreasi diakhir pekan bersama keluarga atau bersama teman. Banyak orang berpikiran bahwa beraktivitas saat Car Free Day sangatlah tidak leluasa karena banyak pedagang kaki lima yang berjualan tidak pada tempatnya. Mereka malah menghalangi orang untuk berolahraga dan berkativitas secara bebas, namun semenjak 27 September 2019 lalu para PKL lebih ditertibkan. Para pedagang dilarang berjualan sepanjang area CFD.

Penertiban para pedagang kaki lima dinilai masyarakat sebagai suatu upaya mengembalikan fungsi utama hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) sebagai tempat untuk berolahraga atau berjalan sembari menikmati udara segar dipagi hari. “Wah jauh lebih enak sekarang, area CFD udah nggak ada lagi pedagang,” kata Rohmadi, warga yang hadir di HBKB pada Minggu (1/12/2019).

Ia membandingkan dengan suasana dulu. Rohmadi kemudian berkata, “Soalnya dulu area CFD sumpek banget karna pedagangnya menjamur dimana-mana. Jadinya lari dikit ada aja gerobak pedagang yang menghalangi”.

Bagi sobat Muda yang bertujuan untuk berbelanja di area CFD jangan khawatir. Ditertibkan bukan berarti PKL sudah dilarang secara penuh di area CFD. Para pedagang dipindahkan ke berbagai titik penjualan agar mereka menjadi lebih tertib dalam berjualan dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat sehingga warga yang ingin berolahraga kini tanpa halangan.

Nah bagi sobat Muda yang ingin merasakan udara segar Jakarta pada pagi hari, Car Free Day bisa menjadi pilihan utama sobat Muda lho. Wah jadi enggak sabar nih menunggu hari Minggu tiba!

Chrispinus Bimo Pinanditho, Siswa SMA Pangudi Luhur Bernardus Kota Deltamas, Magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch XI 2019