Salurkan Bakatmu Menulis Lewat Cara Ini

0
59

Menulis menjadi sesuatu yang menyenangkan dan kadang-kadang  sebagai media perantara apa yang dirasakan seseorang. Bahkan beberapa orang menyadari bahwa menulis menjadi salah satu bakat yang mereka miliki.

Tulisan menjadi semacam keberanian seseorang untuk menuangkan ide-ide kreativitas yang dirangkai kalimat demi kalimat sehingga memiliki makna yang bisa dipahami oleh pembaca. Untuk kamu yang gemar menulis di buku diari, banyak hal yang bisa menunjang kemampuan tulisan kamu loh. Bahkan lewat tulisan, kamu bisa mengubah pandangan orang lain, menghasilkan uang, serta menjadi sebuah profesi menjanjikan di masa depan.

Bagi kamu yang suka menulis, yuk simak beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bakat kamu.

Jadikan hobi

Artinya kegiatan dilakukan secara berkelanjutan dan berkala. Tak lantas ditinggalkan begitu saja setelah mengerjakannya. Jika  hobi menulis, maka kamu akan merasa nyaman dan tidak terbebani untuk selalu melanjutkan kegiatan tersebut

Publikasikan tulisanmu

Nah hal ini penting bagi kamu yang masih menulis sebatas di media sosial atau diari. Tidak salah, namun sebenarnya banyak manfaat yang bisa kamu dapat jika menulis untuk publik loh. Selain membuat yang tidak tahu menjadi tahu, kamu juga bisa mendapat penghasilan dari tulisan kamu.

Menjadi blogger

Jangan pernah takut untuk memulai. Gunakan prinsip “setiap orang berhak tampil untuk menyampaikan sesuatu”. Sekarang ini, banyak penyedia website gratis, sebut saja Blogger, WordPress, Weebly dengan kemudahan pengaksesan. Di sana juga disediakan beragam template design menarik yang bisa kamu coba.

Pilih jurusan jurnalistik

Salah satu profesi yang berkaitan dengan menulis adalah jurnalis. Membuat berita dan menyampaikannya kepada publik sesuai fakta yang terjadi. Nah untuk kamu yang ingin memperdalam bidang jurnalistik, banyak pergururan tinggi yang membuka jurusan ini. Salah satunya Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta, di Depok.

Tak hanya mempelajari teknik penulisan tetapi kamu juga bisa memperdalam fotografi, bahkan design sekalipun. Menurut dosen jurnalistik yang berada di bawah jurusan teknik grafika dan penerbitan, mahasiswa dituntut bukan hanya mampu untuk menulis tetapi bisa menguasai berbagai macam multimedia seperti Indesign, Adobe Illustrator, Photoshop, After Effect serta Adobe Premiere.

Hal itulah yang menjadi kelebihan lulusan Jurnalistik TGP Politeknik Negeri Jakarta dalam berkompetisi di dunia kerja. Pertanyaannya, apakah sulit? Tentu tidak, bahkan yang sebelumnya belum tahu dari nol soal tulis menulis pun bakal bisa menulis dan menguasai ilmu lain yang akan menunjukang kemampuannya dalam menulis.

Salah satu karya design infografis karya Dwi Rahawati

Dwi Rahmawati, mahasiswi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta