Intip Keseruan Adiwiyata Di SMA Negeri 48 Jakarta, Yuk

0
34

Adiwiyata? Mungkin dari kita masih ada yang bertanya-tanya tentang benda yang satu ini. Adiwiyata apaan sih? Makanan apaan dah? Enak ga sih?

Eitss, daripada makin enggak kearah pertanyaannya langsung aja yuk simak yang satu ini. Adiwiyata merupakan program yang berfungsi sebagai wadah yang ideal bagi kita untuk menanamkan kepedulian akan kesehatan dan kebersihan lingkungan. Asyik kan jika kita bersama-sama merawat lingkungan? Pasti seru banget nih!

Apa ya manfaat program adiwiyata bagi kehidupan sehari-hari? Wah, pasti banyak banget nih, friends! Salah satunya, kita dapat tumbuh menjadi kawula muda yang peduli dengan lingkungan tempat tinggal kita. Lingkungan yang bersih dapat menjamin kesehatan kita juga. Enggak ada lagi deh kata “Ah, gue males banget buang sampah pada tempatnya.”

Bener banget kalau adiwiyata ini berguna bagi kita dan juga untuk alam kita ini. Pada tahun ini, SMAN 48 Jakarta terpilih menjadi sekolah adiwiyata tingkat kota Jakarta Timur, lho! Pastinya staf dan murid merasa bangga dan juga senang.

“Adiwiyata seru dan keren banget. Karena membuat lingkungan sekolah kita lebih asri dan juga dapat memberikan spot foto yang bagus bagi siswa yang ingin eksis,” ujar Adisty, salah satu siswi SMAN 48 Jakarta.

Kegiatan adiwiyata ternyata menarik dan memberikan dampak tersendiri bagi siswa-siswi yang ada di sekolah ini. Tak cuma bikin asri, ternyata tempat-tempat di SMAN 48 ini bisa juga dijadikan tempat foto, lho! Mantul kan? Hal tersebut didukung karena banyak murid yang senang dalam melakukan kegiatan ini, dan para guru pun membantu dan mengkoordinir jalannya program adiwiyata tersebut.

Taman Adiwiyata SMA 48

Selain itu, terbentuknya kelompok kerja (pokja) bagi seluruh murid SMAN 48 membuat siswa-siswi semakin terorganisir dalam mengelola program adiwiyata ini. Jobdesk-nya ternyata bermacam-macam nih, guys!

Ada yang melakukan kegiatan composting, ada yang bertugas sebagai polisi lingkungan yang selalu siap untuk menegur para pelanggar aturan adiwiyata. Selain itu, ada juga pokja greenhouse yang membuat sekolah jadi terlihat hijau dan terasa sejuk. Pastinya bakal jadi keren banget nih! Gimana gak keren coba, semua serba terorganisir dan tertata banget.

Belum lama ini, SMA Negeri 48 Jakarta mendemonstrasikan semua pokja yang berperan dalam kegiatan adiwiyata. Setiap pokja bebas menampilkan yang berhubungan dengan adiwiyata. Antusias siswa pun luar biasa, ada dari mereka yang menampilkan drama bertema lingkungan, slogan, bahkan fashion show yang diperankan oleh para murid dengan menggunakan bahan bekas. Hasilnya gak diragukan lagi, pastinya top markotop banget!

Koran dan plastik bekas ini disulap sedemikian rupa menjadi Dress cantik

Adiwiyata juga memberikan kreativitas siswa menjadi tumbuh dan berkembang dalam kegiatan. Mereka membuat berbagai macam kerajinan yang dapat dipakai dari limbah dan bahan bekas yang sudah tidak terpakai, salah satu contohnya adalah gaun dari koran bekas. Mungkin sebagian dari kita “mager” banget kalau membuat kayak gitu, mending rebahan aja gak sih, friends?

Salah satu contoh siswa memakai pakaian yang terbuat dari barang-barang bekas.

Tapi jangan salah nih guys, ternyata koran-koran yang sudah tak terpakai apabila kita semangat untuk menginovasikan akan menjadi sesuatu yang berguna juga! Seperti gaun yang satu ini, gaun tersebut dilapisi koran dan plastik yang membentang anggun dipunggung baju tersebut, mantap bukan?

Dari program adiwiyata tersebut, semua warga sekolah jadi semakin terbiasa dengan sendirinya nih, guys. Hal tersebut juga berdampak baik bagi kita semua dalam mengurangi pemanasan global.

“Let’s Change The World In Simple Ways, Guys! Let’s Wake Up and Try Something!”

Penulis :  Fatimah Dwi J, Maria Jovita Stella, Naurah Deatriasya