ATMA JAYA WARRIORS: PEDULI TERHADAP SESAMA ADALAH SEBUAH KERINDUAN

0
21

Dalam mendidik para mahasiswa dan seluruh elemen di dalamnya, Unika Atma Jaya Jakarta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian. Tergambarkan secara nyata dalam ragam aksi sosial yang diadakan oleh mahasiswa Unika Atma Jaya Jakarta yang ditujukan bagi panti asuhan, rumah sakit, ataupun desa binaan. Organisasi Mahasiswa atau Ormawa,  merupakan wadah bagi mahasiswa Unika Atma Jaya Jakarta dalam melakukan aksi sosial tersebut dengan bimbingan dari Biro Kemahasiswaan, Alumni dan Pemimbingan Karier Mahasiswa atau yang lebih dikenal sebagai BKAK.

Sejak tahun 2017, mahasiswa Universitas Atma Jaya yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Diskusi Ilmiah Mahasiswa (Fodim) bersama Senat Mahasiswa Fakultas Teknobiologi (SMFtb) dan Hazzard Analysis Critical and Control Point (HACCP) dari Fakultas Kedokteran melakukan kegiatan penyuluhan dengan tema ‘Healthy’ di desa binaan yaitu Desa Cibogo di Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tanggerang, Banten. Berdasarkan temuan di lapangan diketahui bahwa kesadaran warga setempat khususnya anak-anak mengenai kesehatan dan kebersihan cukup rendah. Terlebih kebiasaan jajan di luar memiliki korelasi terhadap gizi anak-anak setempat yang dapat dikatakan kurang baik berdasarkan hasil survei yang didapatkan.

Tahun ini bertajuk “Atma Jaya Warriors” digelar kegiatan serupa pada 27 Juli dan 31 Agusuts 2019 di SDN Cibogo dan Kantor Desa Cibogo.  Kegiatan pertama diawali dengan senam pagi bersama. Dilanjutkan dengan sosialisasi kepada siswa kelas satu dan dua Sekolah Dasar mengenai kesehatan badan, tangan, dan gigi dengan metode role play agar dapat lebih mudah dipahami. Siswa SDN Cibogo terlihat antusias saat melakukan praktek langsung tahap-tahap untuk menjaga kesehatan. Di akhir acara tim “Atma Jaya Warriors” membagikan sovenir berupa satu paket sikat gigi dan odol agar dapat digunakan sehari-hari.

Dok Divisi Publikasi dan Dokumentasi Atma Jaya Warriors

Kegiatan kedua “Atma Jaya Warriors” berlangsung di kantor Desa Cibogo merupakan upaya peningkatan gizi melalui sosialisasi bagi ibu rumah tangga di kawasan Desa Cibogo. Diawali  dengan materi takaran gizi yang baik untuk bayi, balita dan anak yang disampaikan oleh dosen Atma Jaya dari Fakultas. Kegiatan ini cukup menarik perhatian sebab dilangsungkan dengan adanya demo memasak makanan seperti bakso, sayur,dan es. Hal ini bertujuan agar para ibu memiliki refrensi kreativitas dalam memasak makanan dirumah untuk anak-anak.

Dok. Divisi Publikasi dan Dokumentasi Atma Jaya Warriors

Atma Jaya Warriors 2019 ini merupakan rangkaian ke-3 yang dibuat oleh UKM Fodim dan bekerja sama dengan oranisasi mahasiswa lainnya. Seluruh rangkaian acara dibuat secara berkelanjutan agar pengetahuan yang dimiliki sebagai mahasiswa dibagikan secara langsung kepada warga Desa Cibogo dan menjadi manfaat yang lebih besar lagi. Di lain sisi, nyatanya tim “Atma Jaya Warriors” lah yang lebih banyak belajar dari program ini bahwa peduli terhadap sesama adalah suatu kerinduan bukan sebagai kewajiban.

Penulis: Verda, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya Jakarta