Memuliakan Batik Lewat Batik Music Festival 2019

0
22

Batik Music Festival 2019 akan menambah semarak peringatan Hari Batik Nasional tahun ini. Tak hanya menggabungkan batik dan musik, festival yang digelar pada 5 Oktober 2019 mendatang itu akan menetapkan batik sebagai tema busana wajib bagi para pihak yang akan menghadiri acara tersebut.

Salah satu cara yang baik untuk memuliakan sebuah warisan budaya adalah dengan membiasakan dan membiarkan budaya itu terus hidup. Hal ini menjadi motivasi utama Batik Music Festival mewajibkan seluruh pihak yang terlibat mulai dari kru, bintang tamu, hingga penonton untuk memakai batik saat menghadiri acara.

“Kita akan merayakan bersama-sama hari batik. Kami ingin batik semakin berjaya dan dihargai di tanah sendiri, tidak hanya diakui negara lain,” tutur CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi, di acara konferensi pers Batik Music Festival, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Tak hanya itu, festival musik ini akan bertempat di Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta. Pemilihan lokasi situs budaya merupakan usaha Batik Music Festival untuk memberdayakan warisan budaya Indonesia secara maksimal. Kolaborasi keindahan musik dan kemegahan bangunan Candi Prambanan diharapkan akan menambah eksotisme Indonesia di mata masyarakat lokal dan internasional

“Ini sebagai fungsi pelestarian agar semua mencintai situs warisan budaya seperti Candi Prambanan. Setelah mencintai diharapkan masyarakat jadi ada keinginan untuk menjaga situs budaya,” ucap Direktur Keuangan, SDM, dan Investasi PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Palwoto.

Misi memuliakan batik tak hanya tercermin dari penetapan batik sebagai tema busana, acara ini juga mengajak UKM batik di Indonesia untuk menggelar pameran pada saat acara berlangsung. Para desainer dalam negeri juga akan dilibatkan untuk menghasilkan inspirasi desain batik dan penggunaannya jadi pakaian yang nyaman serta trendy.

Di tahun ini, Batik Music Festival akan menghadirkan deretan musisi ternama tanah air dan juga internasional. Musisi Yovie Widianto bersama Raisa, Kahitna, Marcell, Rio Febrian, Bunga Citra Lestari, Arsy Widianto, dan 5 Romeo akan menyumbangkan suara mereka di panggung Batik Music Festival.

David Foster and Friends juga turut menjadi pengisi acara dalam Batik Music Festival. Meski demikian, deretan musisi internasional yang akan diboyong David Foster masih belum bisa diumumkan.

“Nantinya kedua tim itu akan bermain di dua panggung, ada festival show dan special show. Untuk deretan musisi yang dibawa David Foster masih rahasia, tapi salah satunya ada Katharine McPhee,” tutur Anas.

Bekerja sama dengan Garuda Indonesia, Batik Music Festival juga akan berencana untuk menggelar akustikan di atas pesawat bersama para musisi pengisi acara dari dalam negeri. Fasilitas ini akan didapatkan para calon penonton yang membeli tiket bundling pesawat Garuda dengan Batik Music Festival itu sendiri.

“Kita akan ngobrol dan bernyanyi langsung di pesawat bareng sama penontonnya Batik Music Festival,” ucap musisi Yovie Widianto.