Upaya Membangkitkan UMKM Desa Sumbermulyo, Banyuwangi yang “Mati Suri”

0
35

Belakangan ini pemerintah kerap menggembar-gemborkan pentingnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bagi Bangsa Indonesia. Hal yang sama juga dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN-PPM UGM) Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi, mahasiswa KKN berusaha membangkitkan UMKM yang ada di Desa Sumbermulyo yang mengalami “mati suri”. Desa Sumbermulyo terkenal dengan potensinya sebagai salah satu penghasil buah naga terbanyak di Kabupaten Banyuwangi. Selain dalam bentuk buah, desa itu juga menghasilkan olahan makanan, seperti mie buah naga dan dodol buah naga. Disayangkan, para penghasil olahan makanan atau pemilik UMKM ini mengalami “mati suri” karena merasa kesulitan memasarkan produknya.

Kesulitan tersebut direspons oleh mahasiswa KKN melalui kegiatan yang bertajuk “Bina UMKM Desa Sumbermulyo” pada Juli 2019 lalu di balai desa setempat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan pemilik UMKM dari Desa Sumbermulyo dan anggota komunitas Migran Care. Dalam kegiatan itu Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi mengirimkan Tri Vina Oktivita Sari sebagai narasumber.

Vina menyampaikan banyak materi mengenai UMKM, bahkan mengajak para peserta untuk terlibat dalam banyuwangi-mall.com. “Baru kali ini saya menemukan peserta yang antusias, aktif berdiskusi, aktif bertanya, dan desa ini sangat berpotensi untuk mengembangkan UMKM-nya,” ujar Vina.

Narasumber dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi sedang menyampaikan materi

Selain materi UMKM, peserta juga mendapatkan pelatihan dari mahasiswa KKN, yakni desain produk dari Akbarul Rizky dan pemasaran online dari Alvin Novandi. Semua itu diadakan dalam rangkaian satu hari dan berhasil membangkitkan UMKM di Desa Sumbermulyo.

Pratika Rizki Dewi dan Naufal Afina Zulfah yang menjadi koordinator kegiatan menyatakan, kegiatan itu menjadi bukti nyata peran mahasiswa sebagai motivator, dinamisator, inovator, dan fasilitator di masyarakat. Para mahasiswa tersebut berharap, pasca kegiatan ini UMKM disini bisa bangkit seutuhnya, bukan hanya bangkit satu hari ini saja. Mereka juga akan berusaha memberi pendampingan sebisanya sampai menjelang KKN usai.

Pratika Dewi, mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, melakukan KKN PPM UGM tahun 2019 di Desa Sumbermulyo, Kabupaten Banyuwangi-Jawa Timur