Generasi Muda Anti Narkoba

0
19

Penyalahgunaan narkoba dewasa ini kian meningkat di kalangan generasi muda. Maraknya peredaran narkoba di berbagai daerah di Indonesia, membuat kondisi Indonesia semakin gawat akan jumlah pengguna narkoba yang terus meningkat. Terbukti dengan banyaknya berita yang mengabarkan kasus tentang artis muda yang terjerat narkoba serta kasus penyalahgunaan narkoba di sekitar kita.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka mencegah dan mengantisipasi timbulnya penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda sekolah dan pihak kepolisian mengadakan penyuluhan bertema “Sosialisasi Anti Narkoba bagi generasi muda”. Penyuluhan diadakan dengan mengundang Polsek Sepatan Kabupaten Tangerang yang mengirimkan Inspektur dua polisi Sriyana sebagai pemateri sosialisasi anti narkoba. Kegiatan dilaksanakan di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang pada Jumat, 30 Agustus 2019 siang.

Suasana kegiatan Sosialisasi Anti Narkoba di SMAN 11 Kabupaten Tangerang

Tujuan sosialisasi  anti narkoba ini untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran kepada para pelajar tentang bahaya penyalahgunaan narkoba serta dampak yang ditimbulkannya. “Mengingat Indonesia sudah gawat akan narkoba, jadi kita harus sedini mungkin memberikan pengetahuan atau peringatan kepada adik-adik kita. Tentunya kepada para remaja,” tutur Ipda Sriyana dalam kegiatan tersebut.

Dalam materinya ia menghimbau para remaja untuk tidak melakukan hal-hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri seperti tawuran dan penyalahgunaan narkoba. Karena kegiatan tersebut sangat merugikan, baik bagi diri sendiri maupun lingkungannya. Para remaja rentan sekali dengan penyalahgunaan narkoba, keingintahuan yang tinggi dan kurangnya pemahaman tentang bahaya narkoba membuat para remaja akhirnya mencoba-coba untuk mengonsumsi barang terlarang tersebut.

Disinilah peran orang tua untuk memberikan pemahaman dan pengawasan ekstra kepada anak-anaknya. Selain itu, peran lingkungan juga ikut andil dalam menciptakan kondisi yang aman dan nyaman, guna mewujudkan lingkungan positif yang nantinya akan berdampak baik bagi tumbuh kembang para remaja.

Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran generasi muda dalam menentukan nasib bangsa Indonesia ke depan. Di tangan merekalah nasib bangsa ini ditentukan, maka dari itu generasi muda harus menjadi teladan yang baik agar dapat mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Anggita Raissa Amini