Buai Mantra Kunto Aji di Soundsfest 2019

0
188

Penyanyi Kunto Aji sukses membuai penonton Soundsfest 2019 dengan deretan lagu dari albumnya yang bertajuk ‘Mantra-Mantra’, Sabtu (24/8/2019), di Sumarecon Mall Bekasi. Lagu-lagunya yang menyoal kesehatan mental dan problematika cinta ini membuat adem penonton hari pertama Soundsfest di tengah teriknya matahari Bekasi sore itu.

Tampil dengan balutan sederhana dan gitar berwarna hijau muda, Kunto memulai panggungnya dengan lagu “Sulung”. Lagu “Sulung” yang disambut meriah penonton ini langsung dilanjutkan dengan lagu “Rancang Rencana” dan “Mercusuar”. Setelah berhasil membuat penonton berkontemplasi di sore hari dengan iringan mendayu dan lirik yang menyentuh, Kunto mengucapkan selamat datang kepada para penonton panggung Axis Soundsfest 2019.

“Apa kabar Bekasi? Selamat datang di Mantra-Mantra Live!,” ujar Kunto sebelum menyanyikan lagu keempatnya bertajuk “Saudade”.

Sebelum menuju lagu selanjutnya, pelantun lagu “Terlalu Lama Sendiri” ini hendak merekam suasana sore itu dengan handycam pribadinya sembari menyeletuk candaan yang membuat para penonton tersenyum kecil.

“Saya rekam pakai handycam ya. Eh, habis baterainya ha-ha-ha tidak deh bercanda. Good morning Las Vegas?! Biar kayak musisi luar negeri gitu!,” ucapnya.

Setelah itu, ia baru melantunkan lagu “Pilu Membiru” dengan memberikan potongan kisah yang ia terima dari para pendengarnya. Seperti makna lirik “Pilu Membiru”, potongan kisah tersebut rata-rata berkisah tentang kata yang belum sempat terucap ke orang-orang istimewa di hidup penceritanya. Kepingan kisah ini bahkan sempat membuat penonton lebih syahdu untuk mendengarkan rekaman kisah tersebut.

Suasana ini berubah ketika Kunto menyanyikan lagu “Ekspektasi” yang sering disebut sebagai lagu patah hati nasional. Lagu ini disambut antusias dengan teriakan dan acungan tangan penonton. Semua penonton kompak bernyanyi bersama pria kelahiran Yogyakarta ini.

Para penonton Soundsfest 2019 yang sibuk menikmati dan menyanyi bersama Kunto Aji, Sabtu (24/8/2019), Bekasi. (Foto: Bima Gunawan)

Lagu “Topik Semalam”, “Rehat”, dan “Jakarta Jakarta” juga dinyanyikan sang penyanyi jebolan ajang pencarian bakat tersebut. Ia pun menutup penampilan di Soundsfest 2019 dengan suasana enerjik lewat lagu “Konon Katanya” yang ritmenya berhasil membuat penonton melompat dan menari kecil bersama-sama.

“Terima kasih semuanya, saya doakan semuanya selalu bahagia! Sampai jumpa di hari selanjutnya,” tutup Kunto.

Penulis:

Diana Valencia, Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Jurnalistik, Universitas Multimedia Nusantara, sedang magang di Kompas Muda.