GEMMASS: Tingkatkan Semangat Anak-anak Makan Makanan Sehat dan Berserat

0
401

Perwakilan mahasiswa KKN-PPM UGM periode II tahun 2019 unit JT-147, yaitu Lazuardi Akmal (fakultas kedokteran hewan), Tiara Cyntia (jurusan proteksi tanaman), Yanis Ramadhanti (fakultas peternakan), Rima Nurul (fakultas kedokteran hewan), Arip Ripki (fakultas kedokteran hewan), Faishal Abdillah (fakultas kedokteran hewan) menyerbu SD Negeri Kemiri 1 Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora untuk melakukan sosialisasi GEMMASS (Gerakan Makan Makanan Sehat dan Berserat) pada hari Rabu, 17 Juli 2019 lalu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat, khususnya anak-anak agar selalu menjaga gaya hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi.

Kegiatan ini dimulai dengan pengarahan umum dari salah seorang guru di SDN Kemiri 1, Tri Rahayuningsih, sekaligus membuka kegiatan sosialisasi secara formal. Kemudian, siswa mulai masuk ke kelas untuk mengikuti rangkaian kegiatan sosialisasi yang disampaikan oleh mahasiswa KKN-PPM UGM Unit JT-147.

Tebak kata

Murid SD Negeri Kemiri 1, Jepon, Blora, Jawa Tengah mengikuti permainan tebak kata yang diadakan oleh mahasiswa KKN-PPM UGM 2019 unit JT-147. Permainan itu berkait dengan sosialisasi Gerakan Makan Makanan Sehat dan Berserat (GEMMASS), pada Rabu (17/7/2019).

Selain itu, agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan, kegiatan sosialisasi juga dikemas dengan permainan tebak kata yang dilakukan oleh dua siswa, siswa pertama menjadi penebak kata dan siswa kedua menjadi pemberi petunjuk kata yang harus ditebak oleh siswa pertama tanpa memberitahu jawabannya. Permainan ini dilakukan dalam beberapa sesi karena antusiasme siswa yang tinggi.

“Buah..buah!”,: sorak siswa pertama.

“Ya! ya!”,:  sahut siswa kedua.

“Warna merah?”,” tanya siswa pertama

“Ya! ya!,”: siswa kedua menimpali.

“Apel! Apel!,”:  jawab siswa pertama.

“Benar!!,”: sorak para siswa di dalam kelas disambut tepuk tangan dan tawa mereka.

Untuk semakin meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang jenis makanan berserat dan diselingi ice breaking yang seru dan menyenangkan.

Setelah kegiatan di dalam kelas, siswa diarahkan ke halaman sekolah untuk melakukan penanaman bibit tanaman sayur yang dipandu oleh mahasiswa KKN-PPM UGM Unit JT-147. Tujuan kegiatan itu selain mengenalkan tanaman sayur, juga melatih untuk anak-anak mencintai lingkungan sejak dini.

Para siswa tampak senang mengikuti kegiatan sosialisasi yang disampaikan oleh mahasiswa KKN-PPM UGM Unit JT-147 ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa memiliki keinginan besar untuk makan makanan berserat, terutama buah dan sayur.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama mahasiswa KKN PPM UGM Unit JT-147 dan para siswa SDN Kemiri 1, serta pembagian minuman sari kacang hijau kepada siswa para siswa di sekolah tersebut.

Tulisan: Muhammad Naufal Erzal (Fakultas Kedokteran Hewan UGM) & Evannela Setyarani (Fakultas Teknik UGM)

Foto: Muhammad Naufal Erzal (Fakultas Kedokteran Hewan)