Tips Mengatasi Kulit Wajah Kusam

0
36

Wajah yang mulus, putih dan terawat menjadi dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkannya tidak mudah, perlu usaha dan kesabaran yang tinggi. Banyak faktor yang menjadikan wajah kita menjadi kusam diantaranya kekurangan vitamin pada kulit, kurang asupan air, stres, kurang jam tidur, terpapar sinar matahari, dan debu yang membuat wajah kita jadi kusam. Tentu hal itu sangat mengganggu penampilan, kan.

Ini ada lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kulit kusammu

Bersihkan wajah
Bila ingin mencerahkan kulit wajah, kita harus rajin membersihkan wajah secara rutin, dua kali sehari pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. Supaya mendapat hasil maksimal sebaiknya gunakan produk pembersih wajah yang memiliki label brightenning atau whitening agar wajah semakin bersih. Produk pembersih wajah yang memiliki label ini memiliki bahan-bahan yang membuat wajah anda terlihat lebih bersih.

Rutin “eksfoliasi”

Eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati pada wajah. Hal ini penting dilakukan karena kadang-kadang meskipun sudah menggunakan pembersih wajah, sebagian orang merasa wajahnya masih terlihat kusam.

Hal tersebut bisa terjadi karena sel kulit mati yang masih tertumpuk dan tidak terangkat dengan produk pembersih wajah. Untuk menyiasatinya gunakanlah scrub wajah yang bisa mengeksfoliasi sel kulit.

Gunakan pelembab
Langkah ini wajib dilakukan karena pelembab merupakan komponen penting dalam menjaga kelembaban wajah. Gunakan pelembab yang dapat memutihkan wajah agar wajahmu terlihat bersih dan tidak kusam.

Masker wajah
Banyak manfaat menggunakan masker wajah, salah satunya membuat wajah menjadi lebih cerah dan sehat.  Gunakan masker wajah dua kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal.  Pilihlah masker wajah yang berasal dari bahan yang alami agar terhindar dari efek samping.

Pakai tabir surya

Sinar matahari memiliki dampak buruk bagi wajah, yakni membuat kulit wajah menggelap atau menghitam. Cara meminimalisir dampak buruk dari sinar matahari gunakan sunscreen atau tabir surya sebelum melakukan aktivitas sehari-hari, sebagai salah satu cara mengatasi kulit wajah yang kusam.

Ayo rawat kulit kita agar terlihat bersih dan sehat!

Nisrina Chandra Sagita, mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas ekonomi dan sosial, Universitas Amikom Yogyakarta