Nglorog Rejo, Mutiara di Pinggir Umbul Ponggok

0
603

Jika kita mendengar pembicaraan mengenai Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dua topik yang paling sering diangkat dan didiskusikan lebih lanjut, yakni wilayah yang berada tepat di antara dua kota terkenal, Yogyakarta dan Surakarta serta keberadaan  obyek wisata Umbul Ponggok yang semakin populer. Keistimewaan Umbul Ponggok ini bahkan mendapat perhatian hingga tingkat nasional dan internasional sehingga mampu mendatangkan wisatawan dari berbagai penjuru negeri.

Selain Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten juga memiliki beragam obyek wisata yang tidak kalah menarik dan patut untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang termasuk di dalam kriteria tersebut adalah Wisata Edukasi Nglorog Rejo.

Wisata ini memiliki lokasi di dekat Umbul Ponggok ( kurang lebih 100 meter). Tepatnya, lokasi wisata ini berada di Dukuh Ngumbul, Desa Jeblog, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Wisata ini kemudian dikatakan sebagai “mutiara di pinggir Umbul Ponggok” mengingat kedekatan lokasi dari kedua destinasi wisata tersebut.

Untuk mencapai Wisata Edukasi Nglorog Rejo, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi. Waktu yang ditempuh untuk sampai di obyek wisata dari Kota Klaten juga cukup singkat, yakni sekitar 15-20 menit. Jalan yang ditempuh menuju wisata Nglorog Rejo sudah bagus sehingga pengunjung tidak perlu khawatir mengenai kesulitan untuk mengakses wisata tersebut.

Walaupun Wisata Edukasi Nglorog Rejo terbilang masih baru terbentuk dan terus mengalami pengembangan, fasilitas yang ditawarkan tidak kalah menarik dengan Umbul Ponggok. Hal ini berhubungan dengan konsep dari Wisata Edukasi Nglorog Rejo yang berbeda dengan wisata pada umumnya.

Nglorog Rejo akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan melalui beberapa wahana yang dimiliki, seperti outbound, penanaman tanaman obat (apotek hidup), dan kolam renang.

Seluruh fasilitas yang telah disebutkan tadi bisa dinikmati hanya dengan Rp3.000,- per orang untuk biaya tiket masuk. Sementara itu, biaya parkir di sekitar obyek wisata ini adalah Rp5.000,- untuk mobil dan Rp2.000,- untuk motor.

Kolam Renang

Fasilitas kolam renang merupakan fitur utama dari obyek wisata ini. Walaupun luasnya tidak sebesar Umbul Ponggok, kolam renang di Nglorog Rejo juga tidak kalah jernih dan menyegarkan karena sumber pengairan langsung terhubung dengan mata air terdekat. Selain itu, tingkat kedalaman dari kolam renang terbilang dangkal, yakni sekitar setengah meter, sehingga ramah untuk digunakan oleh anak-anak yang belum mahir berenang.

Wisata Edukasi Nglorog Rejo juga menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung untuk para orang tua maupun wisatawan yang hanya ingin menikmati dan mengawasi anak-anak saat berenang, seperti gazebo dan joglo. Nglorog Rejo menyiapkan sejumlah ruangan khusus mandi bagi anak-anak jika diperlukan setelah bermain di kolam tersebut.

“Outbound”

Kegiatan Outbound di Wisata Edukasi Nglorog Rejo

Wahana outbound di Wisata Edukasi Nglorog Rejo berlokasi tepat di samping kolam renang sehingga pengunjung dapat melakukan kegiatan mengasyikan selain berenang.

Wahana itu sendiri baru dibangun sekitar tahun 2017 sehingga hanya terdapat beberapa jenis permainan yang beroperasi secara penuh. Akan tetapi, permainan yang ditawarkan sudah cukup menarik perhatian publik hingga berhasil menarik perhatian beberapa perusahaan serta instansi pemerintahan untuk melakukan pelatihan dan kegiatan tertentu di dalam obyek wisata tersebut.

Kedepan, pengurus dari Wisata Edukasi Nglorog Rejo berencana mengembangkan wahana outbound melalui penambahan permainan, seperti rumah pohon dan flying fox.

Tanaman obat 

Wahana Apotek Hidup di Wisata Edukasi Nglorog Rejo

Wahana terbaru dari Wisata Edukasi Nglorog Rejo ini menunjukkan komitmen pengurus terhadap konsep edukasi yang diperlihatkan. Para pengunjung akan diperkenalkan dengan tanaman-tanaman obat. Kemudian, pengunjung dapat mempraktikkan secara langsung cara penanaman dan perawatan dari berbagai jenis tanamana tersebut. Melalui wahana ini, pengunjung diharapkan dapat membawa pengetahuan tertentu yang dapat berguna di masa depan.

Jenis tanaman obat yang disediakan cukup beragam, seperti asem, temulawak, lidah buaya, dan sebagainya. Saat ini, wahana ini masih berada dalam tahap uji coba. Pengurus mengharapkan nantinya bibit-bibit tersebut dapat dibawa pulang oleh pengunjung setelah melakukan praktik secara langsung sehingga kunjungan ke Nglorog Rejo memiliki kesan lebih mendalam.

Kesan Pengunjung

Beberapa pengunjung dari Wisata Edukasi Nglorog Rejo menunjukkan kepuasannya terhadap wahana dan fasilitas yang ditawarkan. Mereka tidak menyangka bahwa kunjungan ke obyek wisata ini akan memberikan kesan yang jauh melebihi harapan di awal kedatangan.

Kekaguman ini dilontarkan oleh salah satu pengunjung bernama Mandra, pengusaha asal Yogyakarta. Pria berusia 26 tahun tersebut awalnya hanya sekedar bermain bersama teman-temannya di Wisata Edukasi Nglorog Rejo karena Umbul Ponggok padat pengunjung, sehingga ia memutuskan untuk mengunjungi lokasi wisata lainnya.

“Kebetulan, saya melihat banner dengan tulisan “Wisata Edukasi Nglorog Rejo” yang terletak tidak jauh dari Umbul Ponggok. Saya jadi penasaran, ya udah saya langsung pergi kesitu,” kata Mikael, pengunjung yang lain. Walaupun demikian, Mikael merasa  puas hingga dapat menghabiskan waktu bersama teman-temannya di obyek wisata tersebut selama tiga jam. “Baru kali ini, saya bisa berendam sambil bermain sepuasnya dengan harga murah banget. Semoga kedepan wisata ini dapat terus menambah wahana yang mengasyikkan,” tambah Mikael.

Kesan yang sama juga diberikan oleh Rosayu, ibu rumah tangga yang tinggal di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Keluarga Rosayu bahkan telah mengunjungi Wisata Edukasi Nglorog Rejo sebanyak empat kali. Semua ini berawal dari rasa penasaran anak-anaknya yang juga melihat banner di samping jalan. “Waktu pertama kami sekeluarga datang, kami lihat di sini cuma ada kolam renang. Yang bikin kami ke sini lagi, ya, air kolamnya segar sekali,” ucapnya.

Rosayu mengatakan bahwa pengelolaan dari obyek wisata ini sudah sangat baik sehingga setiap kunjungan ke Nglorog Rejo memberi rasa puas atas keluarganya. Wanita berusia 30 tahun ini juga berharap agar permainan dalam wahana outbound di obyek wisata ini semakin banyak sehingga banyak orang yang tertarik mengunjungi Wisata Edukasi Nglorog Rejo.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi obyek wisata ini?

Teks : Antakarana Tanugraha, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada

Foto : Muhammad Ibnu Fakhri, mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Gadjah Mada