Tim KKN UGM Kenalkan Gerakan Literasi Digital ke Siswa SMKN Tengaran

0
226

Tim KKN PPM UGM Periode Juni – Agustus 2019 Unit Tengaran JT – 174,  bekerjasama dengan Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sukses menggelar sosialisasi  Literasi Digital di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri  01 Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.  Acara yang berlangsung di Aula SMKN 01 Tengaran tersebut bertepatan dengan momentum Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan diikuti oleh lebih dari 680 siswa baru sekolah tersebut.

Dihadapan ratusan siswa baru, Tim KKN PPM UGM Unit Tengaran JT – 174 yang diwakili oleh dua mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, yaitu Fatma Rahmalia dan M Idham Barieq sebagai pembicara. Keduanya memaparkan beberapa isu penting di era digital, antara lain perlindungan data pribadi, etika bermedia sosial, serta cara menghindari hoaks.

Koordinator acara MPLS SMKN 01 Tengaran 2019 Istiqlalia Irawati,  menyatakan sosialisasi semacam itu sangat diperlukan untuk para siswa baru SMK yang sedang berada di usia remaja dengan kecenderungan karakter yang masih labil.

“Materi literasi digital yang disampaikan cocok dan penting diberikan di sekolah agar mendorong siswa memiliki kecerdasan bermedia. Siswa dan siswi baru yang baru saja mengenal media sosial menjadi tahu batasan-batasan dalam bermedia sosial dan bagaimana menjadi pengguna media sosial yang baik,”  ujar Ira.

Sepemikiran dengan Ira, Kepala Sekolah SMKN 1 Tengaran Sriyanto, juga memberikan kesan positif terhadap kegiatan tersebut. Melalui sosialisasi itu, ia berharap para siswa SMKN 01 Tengaran dapat berlaku bijak dalam menggunakan teknologi digital.

“Materi yang disampaikan sangat bagus dan memang diperlukan oleh siswa-siswi SMK supaya mereka selalu menerapkan prinsip think before click dalam perilaku sehari-harinya di ruang siber,” ujar kepala sekolah.  

Dalam kesempatan ini, para siswa baru SMKN 01 Tengaran juga diimbau untuk tidak sembarangan  menyebarkan data personal mereka di internet. Tim pembicara memberikan wawasan tambahan bagi seluruh siswa baru tentang potensi-potensi  tindak kejahatan siber yang dapat muncul jika seseorang mengunggah data yang sifatnya pribadi dengan sembarangan.

Harapan kami materi ini tidak hanya diberikan kepada siswa baru saja tetapi baiknya juga diberikan kepada seluruh siswa

Di akhir sesi, Tim KKN PPM UGM Unit Tengaran JT-174 mengajak seluruh siswa baru SMKN 01 Tengaran untuk menjadi agen-agen perubahan menuju masyarakat digital maju yang bijaksana. Caranya dengan bersama-sama melawan hoaks, ujaran kebencian, dan cyber-bullying. Tim pembicara juga menekankan bahwa ketiga hal tersebut harus dihindari karena berpotensi melanggar hukum berdasar KUHP, UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), serta UU No. 40 Tahun 2008.

Pihak SMKN 01 Tengaran berharap agar kegiatan semacam ini dapat diselenggarakan kembali pada kesempatan selanjutnya. “Harapan kami materi ini tidak hanya diberikan kepada siswa baru saja tetapi baiknya juga diberikan kepada seluruh siswa kelas XI dan XII, dan tentunya dengan durasi yang lebih panjang,” tambah Ira setelah acara selesai.

Program Literasi Digital ini menjadi salah satu program andalan Tim KKN PPM UGM Unit Tengaran JT – 174 yang secara langsung turut berkontribusi dalam menyukseskan  Gerakan Literasi Digital yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Indonesia. Sebagaimana esensi KKN PPM UGM yang salah satunya bertujuan untuk memberikan pembelajaran  bagi masyarakat, tim KKN PPM UGM Unit Tengaran JT – 174 tidak lupa  memberikan wawasan kepada seluruh peserta MPLS SMKN 01 Tengaran tentang pemanfaatan teknologi digital secara baik dan aman.

Idham Barieq, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, sedang mengikuti KKN PPM UGM di Tengaran, Jawa Tengah.