Wisata Danau Kaco Kerinci Jambi

0
156

Kabupaten Kerinci Jambi memang menyimpan potensi alam yang luar biasa. Salah satunya adalah kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan situs warisan dari UNESCO. Didalam kawasan ini terletak di danau yang bisa dikunjungi wisatawan, yaitu Danau Kaco.

Danau Kaco Ini merupakan danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. Tepatnya di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Selain mempunyai air yang bening, kedalaman danau ini masih misteri dan belum ada yang tahu pasti berapa meter. Walau demikian, kita masih bisa melihat beberapa ikan semah yang berlalu lalang mencari makan. Keajaiban lainnya adalah danau Kaco ini memancarkan cahaya yang terang saat gelap gulita, apalagi saat bulan purnama.

Kebanyakan pengunjung bermalam untuk melihat keajaiban ini dan tidak diperlukan penerangan karena terang dari cahaya danau. Beberapa peneliti mencoba untuk mencari jawaban akan fenomena ini, tetapi semua masih misterius dimana dalam penyelaman oksigen habis sebelum menyentuh dasar danau.

Selama perjalanan pengunjung bisa menikmati suasana hutan sampai danau yang disebut dengan danau kaca tersebut. Danau Kaco sendiri merupakan satu dari lima danau yang berada di desa Lempur yang terletak di ketinggian 1.289 meter di permukaan laut.

Untuk berkemah

Jangan heran jika ketika menuju danau Kaco tidak ada fasilitas dan akomodasi yang memadai, namun bagi mereka yang suka berpetualang, danau ini merupakan danau yang bisa digunakan untuk kegiatan berkemah. Untuk bisa berkemah disini pengunjung tentu harus menyiapkan logistik dan fisik secara matang, karena lokasinya terpencil dan hampir jarang dijamah oleh manusia.

Untuk menuju danau Kaco ini terbilang mudah tapi tidak ada jalan aspal lebar atau tempat berteduh yang nyaman selama perjalanan. Butuh tenaga ekstra untuk mencapai danau ini. Pengunjung harus berjalan kaki menyusuri hutan sekitar empat jam perjalanan, tentu saja dengan keindahan yang mengiringi perjalanan seperti pepohonan besar, suara burung-burung endemik atau kupu-kupu nan cantik.

Selain pepohonan besar dan rimbun, pengunjung juga akan melewati rimbunnya pohon bambu dan melewati sungai dengan air yang jernih. Dan tentu saja semua itu akan terbayarkan dengan keindahan danau Kaco.

Rafiq Ahmad Hasibuan