KKN UGM: Menumbuhkan Bibit Dokter Muda Melalui Edukasi Dokter Kecil

0
235

Suasana riuh rendah dan candaan khas anak-anak menyambut tim KKN-PPM UGM Unit Lendah 2019 yang datang ke SD Negeri Gegulu, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta pada Selasa (16/7/2019) siang. Hiruk-pikuk tersebut berlanjut seiring tingginya semangat para siswa yang sudah tidak sabar untuk belajar bersama mahasiswa KKN-PPM UGM. Para siswa kelas empat dan lima pun dengan antusias memasuki ruang kelas yang telah disediakan untuk mengikuti edukasi dokter kecil yang disampaikan oleh mahasiswa KKN-PPM UGM.

Sebelum mengikuti sosialisasi, para siswa mendapat pengarahan singkat dari guru wali kelas. Edukasi Dokter Kecil dimulai dengan penyampaian materi yang telah disiapkan oleh tim klaster medika yang terdiri dari mahasiswa jurusan farmasi, kedokteran, dan keperawatan. Materi yang disampaikan dalam kesempatan ini adalah pengenalan obat-obatan sederhana dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

Para siswa dengan antusias mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh tim KKN-PPM UGM seputar jenis-jenis obat, etiket obat, cara penyimpanan obat, dan penggunaan obat. Pada materi P3K, para siswa juga bersemangat saat menonton video yang dipersembahkan oleh Palang Merah Indonesia seputar penanganan pertama terhadap luka iris, luka memar, dan tersedak.

Sosialisasi berlanjut dengan permainan “ranking 1″ yang diikuti seluruh peserta dengan menjawab pertanyaan yang diajukan seputar materi yang telah disampaikan. Sebanyak 11 anak yang mampu menjawab semua pertanyaan dengan benar berhak mendapatkan hadiah dari tim KKN-PPM UGM.

Edukasi Dokter Kecil merupakan kegiatan pengenalan profesi dokter beserta aktivitasnya kepada anak-anak sejak dini. Melalui edukasi ini diharapkan tumbuh bibit-bibit muda yang bersemangat dan terlatih untuk menekuni profesi dokter di masa depan. Hanna Gracia, penanggung jawab acara mengutarakan pentingnya edukasi dokter kecil dan penyuluhan kesehatan kepada anak-anak.

“Edukasi kesehatan sejak dini itu penting. Anak-anak dapat belajar, selain menolong diri sendiri, juga belajar untuk menolong orang lain dan mengedukasi lingkungan sekitarnya,” ujar Gracia.

Kegiatan ini masih akan berlanjut dalam beberapa pertemuan yang akan datang sekaligus ditutup dengan pelantikan dokter kecil sebagai kader kesehatan terpilih di SD Negeri Gegulu. Materi yang disampaikan pada pertemuan selanjutnya berkaitan dengan ilmu gizi dan ilmu kesehatan. Edukasi tersebut tentu akan jauh lebih menantang bagi anak-anak dan menarik untuk dinantikan.

Teks : Luqyana Nadira, Fakultas Ilmu Budaya

Foto : Almira Kusuma, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

(keduanya mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang sedang melakukan KKN-PPM UGM di Lendah, Kulon Progo)