Kopi Bisa Memperpanjang Umur Kita

0
64

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang dibudayakan di Indonesia tepatnya di Jawa sejak tahun 1714 – 1715. Kopi juga minuman yang disukai oleh berbagai kalangan dari remaja, dewasa, hingga lanjut usia. Minuman Kopi itu sendiri terdiri dari berbagai macam jenis yaitu Americano, Espresso, Kopi Tubruk, Kopi Jos ,Latte,  Cappuccino, Macchiato, Mochaccino, Affogato, Con panna, Black eye dan masih banyak lagi.

Dilihat dari manfaarnya kopi memiliki banyak manfaat, antara lain bisa membuat rileks.
Sebuah penilitian menyatakan meminum kopi pahit maupun manis dengan rasa menikmati dan enjoy dan berfikir positif bisa membuat otak dan tubuh reileks, secara ilmiah juga dikatakan bahwa kafein di dalam kopi dapat meningkatkan tingkat energi dan membuat anda merasa lebih tajam ,adrenalin di tubuh akan meningkat dan kinerja fisik meningkat dan lama lama akan akan membuat tubuh rileks. Jika tubuh dan otak seseorang rileks stres juga akan berkurang.

Membuat bahagia
Dikutip dari psychologytoday.com, para ilmuwan telah mengetahui selama bertahun – tahun bahwa kopi merangsang pelepasan neurotransmitter dopamin. Dopamin menghasilkan euforia dan perasaan menyenangkan yang sering di kaitkan orang dengan secangkir kopi pertama di pagi hari.

Selain itu menurut studi di Harvard University, AS, meminum beberapa cangkir kopi mengurangi pemicu stres, depresi dan bunuh diri pada pria dan wanita sebesar 50 persen. Meminum kopi meningkatkan semangat dalam diri dan memberi efek kebahagiaan dengan kandungan endorphin yang ada di dalamnya.

Mencegah penyakit
Meminum kopi bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit contohnya sakit kepala. Percaya atau tidak, secangkir kopi bisa meredakan sakit kepala pada seseorang. Begitu juga minum kopi dapat mencegah kanker kulit. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa orang yang tidak meminum kopi lebih beresiko terkena kanker kulit di bandingkan dengan yang meminum kopi. Ada juga peneliian yang mengatakan minum kopi di pagi hari bisa menghindarkan kita dari resiko penyakit serangan jantung.

Merawat wajah
Selain diminum, kopi juga dapat dijadikan sebagai kosmetik dan perawatan pada wajah kita secara alami. Kopi diyakini bisa mengecilkan pori- pori dan menghilangkan minyak pada wajah dan melembutkan kulit yang kusam pada wajah. Banyak orang sudah membuat masker wajah dari kopi karena terbukti bisa membuat wajah menjadi bersih halus dan terhindar dari wajah berminyak.

Kopi memang memiliki banyak manfaat dan poin utamanya adalah kopi bisa memperpanjang umur atau usia seseorang. Penelitian yang di lakukan ilmuwan Johns Hopkins Bloomberg yang di kutip dari Boldsky menyatakan, mengonsumsi kopi tiga cangkir kopi setiap hari dapat memperpanjang usia.

Menurut si peneliti kopi tiga cangkir kopi setiap hari tidak berlaku untuk seseorang yang terkena penyakit maag tetapi berlaku untuk orang yang normal dalam pencernaannya. Peneliti itu menyatakan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan dan rutin mengonsumsi kopi, maka orang itu akan lebih kebal serta dapat meningkatkan beberapa fungsi organ tubuh. Begitu juga kopi dapat berfungsi seperti empat manfaat tadi sebagai penawar stres, mengurangi resiko penyakit, dan membuat rileks serta merawat wajah.

Nah ini adalah bagian terpenting dari artikel ini. Saya sebagai pecinta kopi, merasakan minum kopi membantu lebih rileks dan mudah mencari inspirasi ketika menulis, berkarya dan membuat hal – hal yang bermanfaat lainya. Kopi bisa menemani saya dalam berkarya, teman yang setia saat kita membutuhkan sebuah inspirasi, bercakap dengan teman serta mengobrol bercanda ria.

Tips dari saya ketika kalian meminum kopi, minumlah kopi sesuai porsimu, karena setiap orang mempunyai porsi masing – masing dalam meminum kopi. Tidak mungkin seorang anak atau remaja mengonsumsi tiga cangkir gelas dalam sehari. Pasti perutnya akan sakit, maka sesuaikanlah porsi ketika meminum kopi.

Rahadian Handre Irham Sougoro, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Amikom Yogyakarta