Berbagai Penyakit Ancam Kaum Remaja

0
14

Masa remaja adalah masa lepas landas yang sangat besar perannya dalam menentukan kualitas masa dewasa  dan kualitas generasi yang kelak dilahirkannya. Masa remaja dianggap sebagai masa yang paling sehat secara fisik, tidak heran populasi remaja adalah populasi yang paling sedikit  datang ke fasilitas kesehatan. Padahal, remaja adalah paling “rawan” secara psikologis dan sosial yang dapat memberi dampak pada kesehatan fisiknya.

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat terkhusus bagi ramaja saat ini, seperti hal nya pola makan, pola istirahat, dan kebersihan. Apalagi sebagai remaja sangat penting untuk memperhatikan kesehatan agar ketika saat dewasa dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Hal yang paling penting dan akan berpengaruh pada pola hidup sehat adalah makan. Sangat penting bagi kita yang dapat menerapkan pola hidup sehat dangan mengikuti pola makan sesuai dengan pedoman gizi seimbang.

Pola pikir penyakit akan datang di usia tua merupakan kesalahan besar karena penyakit bisa datang kapan saja. Tidak memandang usia muda maupun tua

Sebagai remaja porsi dan pola makan harus selalu dijaga dengan cara mengikuti pedoman makan gizi seimbang. Jangan sampai jika asupan gizi seorang remaja tidak tercukupi dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan seorang remaja tersebut.

Sebagian besar remaja menyepelekan pentingnya sebuah kesehatan bagi diri nya sendiri. Banyak yang beranggapan bahwa penyakit akan datang dengan sendirinya jika umur mereka sudah menjelang tua. Pola pikir mereka yang semacam itu merupakan kesalahan besar karena penyakit bisa datang kapan saja dan tidak memandang usia muda maupun tua. Maka dari itu perlunya pengarahan agar mereka bisa lebih mengerti tentang kesehatan yang harus dijaga sejak dini.

Tidak sarapan, jajanan tidak sehat, konsumsi junk food, makanan dan minuman kemasan (yang pada umumnya tinggi gula dan garam), serta jarang mengonsumsi buah dan sayur adalah pola makan yang kerap dijumpai pada masa remaja. Pola makan ini besar kemungkinan terbawa hingga dewasa dan akhirnya dituai sebagai penyakit stroke, kencing manis, dan kanker yang merupakan  penyebab kematian utama masyarakat Indonesia. Menerapkan pola makan sehat bagi remaja sangat menantang karena ia lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah dan adanya pengaruh teman sebaya yang besar.

Remaja bukanlah kelompok masyarakat yang tidak menghadapi masalah kesehatan. Perilaku berisiko yang dijalani akibat tidak tepatnya keputusan yang diambil pada masa remaja yang labil menghadapkan remaja kepada masalah kesehatan. Di Indonesia, masalah kesehatan pada remaja sebagai akibat perilaku berisiko jauh lebih cepat daripada penanganan yang dilakukan oleh banyak pihak.

Vishwani Amisa