Workshop Infografik ‘Validata’: Komunikasi Data di Era Digital

0
155

Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menyelenggarakan acara Workshop ‘Validata’ pada Senin (25/2/2019) di Ruang D502, Universitas Multimedia Nusantara Tangerang, Banten. Workshop Validata merupakan workshop yang memberikan edukasi tentang infografik, mulai dari pembahasan tentang infografik hingga praktik langsung membuat infografik yang menarik untuk dibaca.

Workshop Validata menghadirkan Septa Inigopatria sebagai narasumber, dibantu oleh Maria Karina Putri selaku Editorial Graphic Designer Kompas. Bagi kalian yang belum tahu, Septa Inigopatria merupakan Digital Production Assistant Manager di Kompas. Septa Inigopatria telah membuat berbagai macam infografik untuk Harian Kompas. Karya-karya infografik Septa Inigopatria juga telah dibukukan dalam buku Indonesia dalam Infografik.

Apa itu Infografik?

Infografik adalah representasi visual dari sebuah informasi atau data secara grafis. Infografik dapat ditemukan di manapun. Tak hanya di media saja, infografik bahkan banyak ditemukan di kemasan produk,  brosur-brosur dan masih banyak lagi. Infografis harus eye-catching agar menarik minat pembaca. Dahulu infografik dibuat hanya menggunakan pena, tapi kini infografik dibuat secara digital menggunakan aplikasi editing.

Infografik memanfaatkan kapasitas otak yang paling dominan yaitu visual processing. Hanya 20 persen orang yang membaca informasi berdasarkan teks saja. Sisanya lebih tertarik membaca informasi menggunakan visual. “Sesuatu yang visual itu lebih gampang diingat daripada sesuatu yang teks,” tutur Septa Inigopatria.

Lalu, bagaimana mendapatkan data yang valid untuk dimuat di dalam infografik yang akan kita buat ? Septa menjelaskan bahwa ada banyak pilihan sumber data yang tentunya valid, baik data dari dalam negeri maupun luar negeri. Untuk data-data dalam negeri, kita dapat mencantumkan data diantaranya dari Kompas Data, Badan Pusat Statistik dan Satu Data Indonesia. Data-data dari luar negeri bisa kita akses melalui website resmi lembaga-lembaga penting, beberapa diantaranya dari World Bank dan PBB.

Belajar Membuat Infografis

Peserta workshop bersama Septa Inigopatria dan Maria Karina Putri.  Foto : Kompas Corner UMN/Julando Omar

Setelah mendengarkan presentasi dari Septa Inigopatria, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan brainstorming. Usai melakukan brainstorming, peserta workshop mulai membuat desain infografis kelompok mereka masing-masing menggunakan software yang telah disediakan.

Acara workshop diakhiri pemberian plakat kepada Septa dan sesi foto para peserta pelatihan bersama Septa Inigopatria dan Maria Karina Putri.

Lomba infografik

Workshop Validata tidak seperti pelatihan umumnya, lho. Dalam workshop ini, Kompas Corner UMN juga mengadakan lomba untuk peserta pelatihan yang karyanya dinilai baik. Syarat untuk mengikuti lomba ini yaitu mengumpulkan hasil infografik paling lambat Kamis, 28 Desember 2019.

Jangan lewatkan kesempatan ini ya karena banyak hadiah yang menarik, lho! Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa kontak ke akun Line resmi Kompas Corner UMN.

Penulis: Kompas Corner UMN/Jacinta Aura Maharani

Dokumentasi: Kompas Corner UMN/Julando Omar

Editor: Kompas Corner UMN/Meiska Irena Pramudhita