Wisata “Negeri Di Atas Awan”

0
470

Banyak tempat di negeri kita ini yang mendapat julukan “Negeri Di Atas Awan”. Yang baru satu sampai dua tahun nge-top ada Lolai di Tana Toraja, Sulawesi Selatan dan Puncak B29 Lumajang, Jawa Timur. Tetapi ada salah satu tempat yang bahkan banyak orang belum mengetahuinya, tepatnya di Bandung Selatan, Pangalengan Jawa Barat. Namanya Sunrise Point Cukul atau kalau orang Pangalengan asli menyebutnya perkebunan teh Cukul.

Perkebunan teh selalu menjadi tempat yang menarik bagi banyak wisatawan. Seperti perkebunan teh yang berada di Pangalengan, Bandung Selatan. Perkebunan teh yang tersebar di Pangalengan ini diantaranya kebun teh Kertamanah, kebun teh Malabar, kebun teh Purbasari, kebun teh Junghun dan kebun teh yang luar biasa saat ini yaitu kebun teh Cukul.

Perkebunan teh Cukul terletak di wilayah Malabar. Membutuhkan sekitar tiga jam dari pusat Kota Bandung untuk mencapai perkebunan ini. Perkebunan Cukul ini merupakan salah satu kebun teh PTPN VIII area Malabar. Berada di ketinggian sekitar 1600 meter di atas permukaan laut (mdpl), kita akan merasakan udara yang sejuk saat sampai di perkebunan.

Tempat ini  menjadi tempat favorite bagi pemburu sunrise dan bagi penggemar fotografi. Untuk menikmati matahari terbit, sebaiknya tiba di Cukul sekitar pukul 5 pagi agar tak ketinggalan momen indahnya.

Abil Adam