Pelatihan “Sensasi” Bagi Kader Posyandu Lansia

0
509

Warga Desa Tegalwaton belum pernah mengadakan kegiatan senam warga lansia (lanjut usia) yang rutin, karena itu TIM I KKN Undip di  Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang (Jawa Tengah) berinisiatif mengadakan pelatihan senam lansia.

Pelatihan diberikan kepada kader posyandu lansia untuk mengisi salah satu kegiatan dalam posyandu lansia. Kelak para kader bisa mengajarkan senam tersebut kepada para warga lansia di wilayah mereka. Nama senam untuk para lansia keren loh, yaitu “sensasi” alias senam segar lansia.

Pelatihan senam hari pertama diadakan pada 29 Januari 2019 di Balai Desa Tegalwaton. Kegiatan berlangsung dengan lancar. Gerakan yang dipelajari para kader posyandu lansia di hari pertama adalah pemanasan Senam Bugar Lansia. Kurang lebih 25 kader posyandu dari delapan dusun di Desa Tegalwaton ikut pelatihan senam tersebut. Jumlah peserta meningkat  pada hari kedua pelatihan yang diadakan esok harinya, 30 Januari 2019.

Pada hari kedua pelatihan, para peserta berlatih beberapa gerakan inti untuk melanjutkan latihan senam kebugaran lansia sehari sebelumnya. Gerakan inti kali ini memiliki cukup banyak variasi.

Dalam setiap sesi pelatihan dilaksanakan selama kurang lebih dua jam. Kegiatan itu berlangsung dengan lancar dan didukung oleh semangat tinggi para kader yang ditandai dengan keinginan mereka untuk melanjutkan kembali pelatihan pada pertemuan selanjutnya yang akan dilaksanakan pada Senin, 4 Februari 2019.

Widia Adiratna, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang