Tips Mengatur Pengeluaran Anak Kos

56
510

Setiap kita mendengar kata anak kos pasti yang terlintas di otak adalah “hidup pas-pasan, diakhir bulan merana”. Pada dasarnya menjadi anak kos berarti kita mengalami proses mendewasakan diri dan belajar untuk lebih mandiri. Seorang anak kos benar-benar dituntut untuk mandiri mengurus segala keperluan hidupnya yang jauh dari orang tua dan rumah.

Segala sesuatu yang dilakukan oleh anak kos pasti dilandasi atau dipikirkan dengan begitu matang, mulai dari hari ini makan apa, sampai dengan nanti akhir bulan masih bisa makan atau tidak. Rata-rata kebanyakan anak kos sering lupa akan kebutuhan hidup sebenarnya karena antara lain banyak yang terlena dengan kehidupan kos yang bebas, menghambur-hamburkan uang bulanan di awal dan meringis di akhir bulan karena kesalahannya sendir. Apakah mereka memikirkan untuk menabung ? Kebanyakan jawabannya tidak. Kenyataanya mereka akan berfikir “yang penting masih bisa makan sampai akhir bulan”.

sebagai anak kos, mulai deh dari sekarang bikin prioritas pengeluaran setiap bulan

Makan nasi dengan satu lauk ? Sudah biasa. Makan mi instan dalam beberapa hari secara berturut-turut ? Itu juga sudah biasa, beberapa hal tersebut sudah biasa ditemui oleh anak kos pada akhir bulan. Sebagai seorang anak kos kalian harus bisa mengatur pengeluaran biaya hidup kalian setiap bulan tidak akan terjadi nih cerita makan mi instan.

Selain enggak sehat kalian juga tak akan pernah belajar bagaimana cara mengatur uang dengan baik. Merantau keluar daerah atau menjadi anak kos memang merupakan tantangan tersendiri.  Santai dan di buat menyenangkan saja. Bayangkan kamu akan mempunyai teman-teman baru dan juga pengalaman-pengalaman seru.  Tapi kini kamu juga harus mulai mencari cara hidup hemat anak kos atau perantauan ala kamu sendiri.

Nah, ada baiknya kalian sebagai anak kos mulai deh dari sekarang bikin prioritas pengeluaran setiap bulan, kalian urutin dari pengeluara wajib sampai yang enggak perlu-perlu banget. Mulai sekarang juga kalian sebagai anak kost harus mulai mencoba menabung. Mengapa sih menabung itu penting ? sebab punya banyak manfaat, coba pikirkan kalau kalian ada keperluan mendadak banget yang tak ada di catatan pengeluaran kalian alias dadakan. Pasti kalian butuh si uang tabungan tersebut.

Selain itu kalau kalian punya uang lebih, kalian juga bakal aman kedepannya kalau pun enggak mendapat uang bulanan lebih dari orang tua. Eits kita enggak boleh loh terus-terusan minta uang sama orang tua. Karena itu menabung penting banget.

Ada tips dan trik buat kalian yang pengen tetep hidup enak tapi bisa menabung.  Ini saran dari seorang mahasiswa Binus University Jakarta tentang rahasia dia yang anak rantau dari Bandung nge-kos didaerah Binus Kemanggisan Jakarta Barat. Dia termasuk anak yang terlihat hidup enak dan pastinya dia tetap bisa menabung.

  1. Hemat enerji sekaligus irit

Hal yang tidak akan pernah hilang dari pengeluaran kalian adalah listrik. Tips buat kalian yang nge-kos dengan membayar token listrik sendiri, dari hal kecil seperti selalu ingat mencabut aliran ke stop kontak supaya hemat energi dan pasti pengeluaran listrik kalian jadi lebih irit.

  1. Makan sesuai kebutuhan

Buat anak kos, pasti kalian sering mengalami “lapar mata”, kondisi  pengen makan apa aja, tapi akhirnya sisa atau malah enggak termakan. Mubadzir deh  makanan itu. Nah, mulai sekarang kalian coba buat makan yang benar-benar sesuai kebutuhan dan kantong kalian.

Kalau kalian bisa masak pasti akan jauh lebih irit. Misalnya pada suatu saat kalian ingin makanan mahal, coba cari opsi makanan yang mirip dengan makanan kalian tapi versi yang lebih murah.

  1. Mengesampingkan kebutuhan tersier dan sekunder

Bagi seorang anak kos yang paling penting memenuhi kebutuhan primer atau pokok dulu. Kebutuhan lain seperti beli baju atau kebutuhan hiburan sebaiknya ditahan dulu. Dengan cara seperti ini pasti pengeluaran kalian akan jauh lebih kecil dan kalian berkemungkinan bisa menabung.

Dari tiga tips diatas patut dicoba nih buat kalian yang hidup menjadi anak rantau dan seorang anak kos. Hal yang kecil tapi memiliki manfaat yang besar, dengan bisa meminimalisir berbagai pengeluaran dan menyusun prioritas sebaik mungkin kita dapat hidup aman dan tetap bisa menabung.

Bagi sebagian orang memang susah melaksanakan kegiatan yang satu ini, apalagi bagi anak kos di kota besar yang bisa menjadi lebih konsumtif, didukung oleh kehidupan di kota besar yang kadang jauh lebih mahal dari pada kota kecil atau sedang.

Tetapi coba bayangkan, dengan hal – hal kecil yang kita lakukan kita dapat mengubah sesuatu menjadi leboh positif, seperti menabung. Coba deh untuk lebih bersabar, ada saatnya kok buat kalian nih para anak kos bisa perbaikan gizi. Kapan waktunya ? Tentu saja saat tanggal libur buat pulang ke rumah.

Nadasyiva Xaviera