Inilah “Surga” Pecinta Baju “Vintage” Bekas Di Jakarta

0
16198

Siapa bilang hanya baju baru saja yang bisa membuat kamu tampil oke? Di jaman sekarang ini justru trend pakaian bertema vintage sedang naik daun, loh! Mom jeans, printed shirt, oversized vintage jacket, dan jenis pakaian bertema vintage lain nya ternyata sedang menjadi favorit di kalangan remaja hingga dewasa di Indonesia.

Untuk kamu yang ingin tampil kece dengan pakaian vintage tetapi juga tidak ingin menghabiskan uang saku-mu, tenang saja! Beberapa rekomendasi tempat “thrift shopping” atau belanja baju bekas yang menjual segudang pakaian bertema vintage dengan harga yang murah ini sangat wajib untuk kamu datangi, nih!

  1. PASAR SENEN

Pasar yang berlokasi di Jl. St. Senen, Kota Jakarta Pusat, ini memang terkenal sejak lama sebagai ‘surga pakaian bekas’ di Jakarta. Banyak pakaian-pakaian ‘branded’ sisa impor maupun ekspor yang dijual disana dengan harga super miring dan kualitas yang masih bagus.

Banyak kios yang menjual bermacam-macam jenis pakaian, mulai dari kaos, kemeja, jaket, celana jeans, dan lain nya yang bisa ditemukan di pasar senen. Kisaran harga pakaian yang dijual di pasar senen juga beragam, mulai dari harga Rp 25.000 sampai yang lebih dari Rp 100.000. Dengan membawa uang Rp 100.000 saja, kamu bisa membawa pulang tiga  sampai empat potong kaos atau kemeja lho! Dan untuk lokasi kios-kios pakaian bekas di Pasar Senen terletak di blok III, IV, dan V Pasar Senen.

  1. PASAR BARU

Surga pakaian bekas atau vintage kedua yang ada di Jakarta adalah Pasar Baru yang berlokasi di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Banyak juga kalangan artis yang kabarnya suka berbelanja pakaian bekas impor/ekspor yang dijual di Pasar Baru karena pakaian yang dijual disana telah melalui proses laundry terlebih dahulu. Dan lokasi nya yang terletak Plaza lt. 3 blok AKS, Pasar Baru, terbilang cukup nyaman dan ber-AC.

Untuk kisaran harga pakaian bekas yang dijual di Pasar Baru memang agak  sedikit lebih mahal daripada Pasar Senen, untuk kemeja dibandrol harga mulai dari Rp 40.000 per potong, dan untuk jaket dibandrol mulai dari harga Rp 60.000 per potong. Tetapi, jika kamu pintar menawar, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Belanja pakaian bekas atau thrift memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Dan jangan lupa juga untuk tetap membersihkan kembali pakaian yang telah dibeli, ya! Berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan untuk membuat pakaian thrift yang kamu beli menjadi nyaman dan aman untuk dipakai!

  1. Rendam pakaian didalam air panas selama 15-30 menit. Fungsinya adalah untuk menghilangkan kuman, bakteri, serta dapat menghilangkan kutu yang mungkin menempel di kain pakaian.
  2. Untuk mencuci nya, usahakan untuk pisahkan pakaian thrift yang baru saja kamu beli dengan pakaian kamu yang lain. Contohnya: jangan dimasukkan ke dalam mesin cuci berbarengan dengan pakaian kamu yang lain. Tapi ini untuk di awal saja ketika baru saja dibeli, untuk selanjutnya dicampur dengan pakaian lain juga sudah tidak apa-apa, kok!
  3. Rendam pakaian thrift yang baru kamu beli dengan deterjen selama 15-30 menit sebelum kamu mencucinya. Setelah itu jangan lupa kembali rendam pakaian kamu di dalam pewangi atau softener ya, untuk membuat pakaian thrift kamu semakin harum!
  4. Setelah itu, jemur pakaian bekas yang sudah dicuci dibawah sinar matahari untuk mengeringkan nya.

Selamat mencoba !

Romian Christov