Synchronize Fest dan Kejutan dari Reality Club

0
481

Reality Club, band indie pop, pemilik album “Never Get Better” yang dirilis setahun ini kembali menghibur penonton di Synchronize Festival 2018 di Gambir Expo, Jakarta, Jumat (5/10/2018) lalu.

Diawali dengan lagu instrumental berjudul “Epilog”, Reality Club membuka penampilannya secara memukau seperti biasanya. Lalu Fathia, seperti biasanya juga, menyapa penggemar dengan humor receh “tak kenal maka tak sayang”.

Namun satu hal yang tidak biasa pada penampilan Reality Club di malam hari itu adalah munculnya Faiz Novascotia sebagai vokalis dan gitaris setelah sekian lama ia absen dari panggung hiburan.

Faiz yang tiba-tiba muncul naik ke atas panggung pun memicu sorak riuh rindu dari pengunjung. Pasalnya, vokalis yang merangkap jadi gitaris ini dikabarkan baru saja tiba di Indonesia beberapa hari yang lalu. Alasan absennya selama kurang lebih setahun terakhir ini karena ia sedang menempuh pendidikan magister di Belanda.

“Reuni keluarga” nampaknya merupakan frasa yang cukup tepat untuk mendeskripsikan momen tersebut. Fathia, Iqbal, Era, dan Nugi, lalu sekarang lengkap dengan Faiz, kemudian melanjutkan penampilannya dengan lagu-lagu dari album pertama dan satu-satunya, “Never Get Better”.

Fathia dan Faiz. Foto : Achmad Lutfi Harjanto

Buah Tangan

Kembalinya seorang vokalis-gitaris Reality Club dengan nama belakang Saripudin ini nampaknya bukan merupakan satu-satunya hal yang mengundang antusias penggemar pada area District Stage, tempat band ini bermain.

Faiz yang merupakan orang dibalik lagu-lagu Reality Club ini nampaknya membawa sesuatu yang baru. Selain membawa gelar magister dari Universitas Leiden, ia ,bersama Reality Club, juga menghadirkan alunan nada baru yang baru diperdengarkan kepada penggemar pada malam Sabtu itu.

Pengunjung Synchronize Festival yang hadir di area District Stage itu pun mau tidak mau harus menjadi para pendengar pertama teaser lagu baru dari band indie pop asal Jakarta ini. Lagu berjudul “Telenovia” itu dimainkan dengan ciamik oleh duet Fathia-Faiz setelah sekian lama Fathia menyanyikan lagu-lagu bandnya sendirian tanpa Faiz.

Reality Club kelihatannya masih mempertahankan cita rasa khas mereka dalam lagu “Telenovia” tersebut. Lagu ini pun bisa dikatakan sebagai “buah tangan” dari Belanda yang dibawakan oleh Faiz.

Faiz yang merupakan saudara kandung dari Fathia ini memang bukan hanya mengundang rasa rindu, namun juga deru antusias penggemar karena dibawakannya lagu baru tersebut secara perdana di panggung Synchronize Festival 2018. Penampilan Reality Club malam itu ditutup dengan lagu “Is It The Answer” dengan indah, lagi-lagi seperti biasanya.

Achmad Lutfi Harjanto — Magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch X