“REGGAE! ONE LOVE!

0
407

“Assalamualaikum!” teriak Ras Muhammad begitu muncul di panggung. Sejurus kemudian  menyanyikan Lion Roar yang disambut hangat penonton. Mereka bertepuk tangan sambil bergoyang. Mereka juga segera mengikuti aba-aba Ras yang meminta agar tangan dicengkeram seperti singa yang siap menerkam untuk lagu Lion Roar.

Ras Muhamad (35) yang dikenal sebagai penyanyi reggae, hari ini ikut mengisi acara Synchronize Fest 2018 (6/10). Pria berambut gimbal  yang bernama asli Muhamad Egar ini sengaja memilih nama panggung Ras Muhamad. Ras, katanya, berasal dari kata Rastaman yang berarti prince atau pangeran. Sedangkan Muhammad dari nama aslinya.

Ras Muhammad di panggung Dynamic Stage, Synchronize Fest 2018 (6/10).

Sangat Percaya Diri

Penonton kembali diajak berinteraksi oleh Ras di lagu Regge Batik Tulis.

“Kubilang Reggae, lalu kalian bilang ‘One Love’. Oke?” katanya.

Alhasil, tiap kali ia menyuarakan kata “Reggae”, penonton pun menyambutnya dengan teriakan, “One love!”

 

Suasana terasa begitu hangat dan meriah.

Di bagian lain, Ras membawakan lagu barunya, Bambu Keras, dan menceritakan sedikit tentang lagu barunya itu. ”Aku adalah orang yang sangat percaya diri, aku bukan orang yang lemah. Kita harus seperti bambu yang keras,” ujar Ras yang menganti topi di sepanjang penampilannya.

Lagu Bambu Keras mengangkat tema budaya nusantara dan videonya dikemas secara trippy, mistik, abstrak, sensual, dan arthouse.

Ras yang baru saja usai melakukan tur keliling Eropa selama 7 bulan, terlihat begitu semangat mengajak penonton ikut larut dalam irama reggae. Juga ketika ia menyanyikan Nyalakan Api, lagu yang diperkenalkan Bob Marley. Penonton ikut bertepuk dan bergoyang hingga akhir pertunjukan.

Penulis: Mischa Pattiradjawane, Volunteer Kompas Muda