Mendobrak Batas Magangers Batch 9

0
494

Hari pertama. Senin, 10 Juli 2017. Sebanyak 37 peserta Magangers bersiap-siap di lobi Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan No. 26-28, Jakarta. Canda tawa bergema di dalam ruangan tersebut namun hanya beberapa saja yang akrab sementara yang lain masih malu-malu untuk berkenalan.

Kemudian Mbak Soelastri Soekarno menyambut para peserta yang malu-malu. Para peserta dibawa menuju ke Lantai 5 di bagian Diklat Harian Kompas dan diberikan kaos Kompas Muda. Rona wajah gembira pun akhirnya muncul dan para peserta laki-laki langsung berfoto bersama.

Kegiatan Team Building memakan waktu sekitar empat jam dengan berbagai variasi untuk membangun semangat dari para peserta. Awalnya, para peserta diberikan tepuk tangan meriah oleh panitia dari Diklat Harian Kompas yang sudah menempuh rangkaian tahap hingga terpilih menjadi Magangers Muda di Harian Kompas. Kecanggungan pun luluh ketika para peserta ikut serta dalam kegiatan Team Building di Lapangan Futsal Kompas. Canda tawa keluar satu per satu seiring berjalannya waktu.

Setiap ada kelompok peserta yang kalah dan salah melakukan suatu gerakan maka mereka akan diberikan “kasih sayang” oleh teman-teman yang lain. Kebahagiaan disalurkan lewat menempelkan bedak ke pipi temannya. Permainan yang dibawakan oleh panitia sangat mengesankan bagi para peserta. “Webek…webek…kita kodok bukan bebek,” ujar Kelompok Kodok dengan lantang sebagai yel-yel untuk menyemangati anggotanya.

Indira, salah satu peserta yang menjadi anggota Kelompok Kodok kelelahan ketika meneriakan yel-yel dengan gaya jongkok-berdiri. “Capek banget Mas,” ujarnya pada panitia sambil tertawa.

Panitia Diklat Harian Kompas memang mampu menghancurkan sekat-sekat di antara para peserta. Walaupun pada awalnya, berpegangan tangan saja tidak mau, pada akhirnya peserta terbawa suasana sampai merangkul satu sama lain. Bahkan para peserta tidak mau terkena air tetapi baju basah pun tidak apa.

Dalam kegiatan ini, para peserta benar-benar dituntut untuk saling mengenal satu sama lain. Bukan hanya perihal nama tapi lebih dari itu, karena perjalanan para peserta bukan satu-dua hari. Magangers Batch IX ini akan terus bertemu dan menjadi satu kawanan angkatan yang pastinya akan selalu bekerja sama.

“Tak kenal maka tak sayang” adalah inti dari setiap aktivitas Team Building ini. Semoga kesolidan para peserta tetap terjalin lebih dan menjadi kumpulan jurnalis muda.