Ini Dia Pengalaman Asyik Magangers Batch IX

    0
    325

    Hai Mudaers semua, sejak Senin (10/7), program Magangers Kompas Muda Batch IX dimulai dan akan berakhir Sabtu (15/7) nanti. Ada 37 peserta yang ikut dari beberapa SMA di Pulau Jawa. Sebenarnya ada peserta dari Sulawesi yang diterima sebagai Magangers tahun ini, tapi doi mengundurkan diri. Sayang banget ya.

    Buat Mudaers yang belum tahu apa itu Magangers Kompas Muda, mimin jelasin nih. Magangers Kompas Muda itu program rutin yang digelar Koran Kompas setiap tahun untuk anak-anak SMA se-Indonesia. Tujuannya mendorong anak-anak SMA atau abu-abuers agar giat membaca dan terlibat dalam kegiatan tulis menulis.

    Program Magangers ini digelar rutin oleh Koran Kompas setiap tahun. Tahun ini tahun kesembilan. Seperti biasa para peserta Magangers diseleksi dari banyak pelamar. Tahun ini ada ratusan yang ngelamar, tapi cuma 37 kursi yang kami sediakan. Buat Mudaers yang tahun ini belum terpilih jangan sedih ya. Tahun depan bisa coba lagi atau Mudaers ikut program volunter Kompas Muda lainnya.

    Di acara Magangers, anak-anak SMA ini diajak untuk mencicipi pekerjaan jurnalis media cetak selama satu minggu. Pendeknya, para Magangers ditantang untuk bikin koran sendiri. Untuk itu, mereka mesti membuat rencana  liputan sendiri, meliput sendiri, motret sendiri, dan mendesain sendiri. Karya mereka nanti dimuat di Koran Kompas halaman Muda dan tentu aja di situs muda.kompas.id.

    Sebelum turun ke lapangan, para Magangers itu ikut workshop  penulisan jurnalistik, foto jurnalistik, layout koran, media sosial, dan lain-lain. Pematerinya para jurnalis dan profesional yang udah makan asam-garam, rujak-salad, pizza-bakwan. Mereka antara lain wartawan dan fotografer Kompas yang pernah liputan mulai kuliner, konser, sampai perang. Pembicara lainnya, desainer koran yang pernah juara di beberapa lomba desain koran tingkat nasional dan internasional. Dan, ada juga pembicara dari Universitas Binus yang cerita soal digital marketing. Setelah ikut workshop, para Magangers yang sudah dibagi-bagi ke dalam delapan kelompok itu, turun ke lapangan untuk mengerjakan proyek masing-masing.

    Peserta Magangers tahun ini seru banget, lucu-lucu, berisik, suka berlarian kesana-kemari, dan pastinya seneng selfie. Selain itu, mereka gampang banget akrab. Baru ketemu di hari pertama aja, udah pada kompak. Nah, sebagian pengalaman seru mereka selama mengikuti hari-hari pertama Magangers udah mulai mereka share di situs ini. Mudaers tinggal buka satu-satu di kategori Event atau Artikel Terbaru.

    Mimin Kompas Muda