5 Fakta Tentang Izmir: Kota Paling Santai di Turki

45
8481

Ketika mendengar kata Turki, kebanyakan orang pasti langsung teringat dengan indahnya pemandangan dari wisata balon udara di Kapadokia, atau kota-kota besarnya yang terkenal seperti Istanbul dan Ankara. Padahal, masih banyak destinasi lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi selain tempat-tempat tersebut, salah satunya adalah Kota Izmir. Jangan khawatir untuk main-main ke kota ini, karena ditengah-tengah kondisi politik Turki yang konon katanya sedang tidak kondusif, Izmir dapat digolongkan sebagai salah satu kota besar yang paling aman di negara ini.

Selaku kota terbesar ketiga di Turki dengan julukan “The Pearl of Aegean”, Izmir pastinya menjanjikan tempat-tempat wisata yang eksotis serta bersejarah tanpa meninggalkan unsur modern―seperti pantai-pantai yang cantik di Cesme, reruntuhan kota tua Ephesus, serta alun-alun Konak yang juga merupakan pusat dari kota ini.

Nah berhubung sebentar lagi musim libur akan segera dimulai, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan Kota Izmir sebagai salah satu destinasi liburan kamu. Berikut ini adalah 5 fakta menarik tentang Izmir yang patut kamu ketahui sebelum menginjakkan kaki di sini:

1. Kota Paling Sekuler

Turki memang dikenal sebagai negara yang hampir seluruh warga negaranya beragama Islam. Sudah tidak heran rasanya kalau masjid-masjid bersejarah seperti Hagia Sophia Blue Mosque, atau pun Sabanci Central Mosque dapat dikatakan sebagai destinasi wisata yang “Turki banget”. Nah tetapi di Izmir, kebanyakan masyarakatnya menganut paham sekuler―yang berarti mereka memisahkan kehidupan akhirat dengan kehidupan duniawinya―sehingga hal-hal yang berbau religius bukan lah suatu atraksi utama yang dapat ditawarkan oleh kota ini. Walaupun begitu, masyarakat Izmir baik yang menganut paham sekuler maupun non sekuler pada umumnya sangat open minded dan dapat menjaga kerukunan antar satu sama lain. Selain itu, kedua golongan juga sangat tertarik lho untuk mempelajari tentang kehidupan beragama di negara lain.

Ilica Halk Plaji―salah satu pantai umum yang paling terkenal di Izmir.

2. Pantai Umum yang Memanjakan

Karena berbatasan langsung dengan Laut Aegea, Izmir juga dikenal sebagai kota pantai. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi di Izmir adalah Ilica Halk Plaji yang terletak di daerah Cesme. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dari pusat Kota Izmir untuk mencapai daerah turistik ini. Walaupun Pantai Ilica merupakan pantai umum, namun kebersihan pantai ini masih sangat terjaga. Pasirnya yang putih serta airnya yang jernih membuat pantai ini cocok banget untuk bermain air, berfoto-foto, atau bahkan piknik! Selain itu, pantai ini juga sangat dekat dengan Alacati―tempat unik nan fotogenik di mana kamu bisa menemukan restoran serta toko yang memiliki arsitektur bernuansa Yunani.

3. Sistem Transportasi yang Mudah

Izmirim Kart―kartu khusus penumpang transportasi umum yang bisa didapatkan di stasiun subway.

Nah ini nih yang menjadi salah satu hal paling menguntungkan ketika berkunjung ke Izmir. Kota ini menawarkan 5 jenis transportasi umum yang dapat diakses dengan satu buah kartu. Kelima transportasi tersebut ialah busferry boatsubway, commuter rail, serta tram. Hanya dengan satu kali men-tap kartu tersebut di mesin yang disediakan pada tiap-tiap pintu akses transportasi, selama 90 menit kamu tidak perlu membayar lagi jika ingin berganti dari satu jenis transportasi lain ke satu jenis yang lainnya. Selain itu, biayanya hanya 2.5 TL (sekitar Rp9.200,-) untuk tarif normal, 1.5 TL (sekitar Rp5.500,-) untuk pelajar serta guru, dan bahkan gratis untuk lansia dengan batasan umur tertentu. Oleh karena sistem transportasinya yang teratur inilah pada akhirnya masyarakat Izmir tidak mengenal kata macet.

4. Keseharian yang Dikelilingi Bangunan Bersejarah

Saat Kulesi (Izmir’s Clock Tower)―bangunan yang merupakan ikon dari Kota Izmir.

Karena dulu sempat menjadi wilayah milik Yunani, pada akhirnya terdapat banyak sekali sisa-sisa arsitektur bersejarah yang masih bertahan di Izmir hingga saat ini. Selain wisata budaya di Ephesus―kota yang tadinya merupakan pusat peradaban kerajaan Yunani dan Romawi―bangunan-bangunan bersejarah yang bukan berasal dari peradaban kuno juga dapat ditemukan di pusat Kota Izmir. Beberapa yang paling terkenal ialah Saat Kulesi (Izmir’s Clock Tower) serta Tarihi Asansor. Dikenal pula sebagai alun-alun, Saat Kulesi sendiri merupakan simbol dari Kota Izmir yang dibangun pada masa Kesultanan Utsmaniyah. Berdekatan dengan Saat Kulesi, Tarihi Asansor juga merupakan destinasi yang tidak kalah menarik. Tarihi Asansor merupakan sebuah lift tua setinggi 58 meter yang dapat membawa kamu kepada pemandangan cantik Kota Izmir dari atas bukit.

5. Gaya Hidup Santai

Jajaran restoran dengan bangunannya yang fotogenik.

Nah karena letak geografisnya yang berdekatan dengan laut, masyarakat Izmir juga dikenal dengan pembawaannya yang sangat santai. Sejak dulu, mereka sudah terbiasa dijamui oleh pemandangan indah dari Teluk Izmir, sejuknya angin laut, serta tempat-tempat nongkrong unik yang cocok banget untuk foto-foto hits. Jika kamu memutuskan untuk mengunjungi atau bahkan tinggal di kota ini, siap-siap untuk bisa belanja murah di mall-mall besar dengan toko super lengkap, berolahraga di pinggir laut, sarapan roti-rotian murah dari gerobak Gevrekci, berkenalan dengan orang-orang yang ramahnya minta ampun, dan kegiatan-kegiatan menarik lainnya yang bakal bikin kamu betah nggak pengen pulang!

Jadi gimana? Sudah siap kah kamu menjadikan Izmir sebagai destinasi wisata anti mainstream ketika berkunjung ke Turki? Kalau sudah, kami tunggu kedatangannya!

Penulis:

Nayla Erzani

Siswa SMAN 34 Jakarta

Magangers Kompas Muda Batch VIII

45 COMMENTS