Memperluas Wawasan Sambil Memanjakan Mata di Kota London

0
712

Salah satu pencarian jati diri seseorang adalah melalui pengalaman pembelajaran dalam masa remaja. Unlocking You – Project adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh SMA Labschool Cibubur yang diikuti oleh 21 siswa kelas 10 dan kelas 11. Program berlangsung 10 hari dari tanggal 15-24 April 2017 kemarin di kota wisata budaya termahal, London. Tahun 2017 adalah tahun pertama SMA Labschool Cibubur melaksanakan kegiatan ini. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Selain belajar, kami juga mengunjungi tempat-tempat menarik dan tentunya mendidik di London. Kegiatan ini diawali dengan mempelajari Public Speaking oleh James Evans dari TED-ED. Disini, kami mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai public speaking yang akan kami aplikasikan pada hari terakhir saat kami membawakan pidato didepan mentor kami masing-masing. Selanjutnya, kita mempelajari teknik fotografi dalam penggunaan smartphone.

Yang belum disadari oleh banyak orang adalah bahwa hasil foto dari smartphone tidak kalah bagusnya dengan kamera profesional asalkan kita tau cara mengaplikasikan tekniknya. Pada kegiatan ketiga, kami melakukan analisa forensik ala CSI yang dipandu oleh Michaela Regan. Pada kegiatan ini kita ditantang dengan sebuah kasus pembunuhan seolah-olah kita adalah penyidik forensik.

Pada hari selanjutnya, kita mendapatkan pelatihan Table Manner and Etiquette dari Emma Dupont. Di sana kami dikenalkan dengan table manner ala Inggris serta beberapa hidangan klasik saat berlangsungnya pembelajaran. Setelah itu, kami mengunjungi The Guardian untuk menyunting halaman depan sebuah koran dan kita diberi kesempatan untuk melakukan tur keliling kantor. Pada kegiatan terakhir, kami pergi ke Regent’s Park untuk melakukan investigasi ala Sherlock Holmes yang dibawakan John Adams, kami dibagi menjadi 3 grup yang berlomba untuk mendapatkan poin setinggi-tingginya.

Peserta Unlocking You mendapat kesempatan berkunjung ke kantor The Guardian, di London. (Arsip SMA Labbschool Cibubur)

Pembelajaran tersebut diselingi dengan wisata berkeliling kota London. Kami berkesempatan untuk mengunjungi Warner Bros. Harry Potter Studio, British Museum, kampus-kampus ternama dan juga beberapa tempat untuk berbelanja seperti Picadilly Circus, Oxford Street dan Westfield Mall.

Berkunjung ke Warner Bros. Studio merupakan salah satu pengalaman yang sangat menyenangkan karena kami dapat melihat langsung studio pembuatan film Harry Potter beserta fitur-fitur menarik yang ditawarkan Warner Bros Studio. Tidak kalah menarik dengan Studio Harry Potter, kami juga berkesempatan untuk belajar Punting di Cambridge. Kami belajar mendayung perahu dengan menyenangkan dan juga sangat seru, selagi mendayung perahu kami juga menikmati pemandangan arsitektur bangunan bersejarah di kota pelajar Cambridge.

Setelah mendayung, kami mengunjungi dan berkeliling beberapa kampus ternama seperti King’s College, Trinity College dan St. John’s College. Terletak jauh dari Cambridge, kami juga mengunjungi Universitas Royal Holloway di Egham Hill (40 menit dari London). Selanjutnya, kami melihat pertukaran penjaga di Buckingham Palace yang berlangsung selama 30 menit. Disana, terdapat penjaga yang sedang berparade dalam rangka merayakan ulang tahun Ratu Elizabeth. Setelah itu, kami mengunjungi British Museum dan melihat objek-objek peninggalan dari setiap benua dan negara seperti Mesir, Asia, Amerika dan juga Eropa.

Pada hari bebas, kami mengunjungi Stamford Bridge, London Eye, Madame Tussauds, Old Trafford, Stonehenge, dan kota pelajar Oxford. Menurut kami, pengalaman ini sangatlah berkesan karena belajar tidak harus selalu dilakukan dengan cara formal. Melalui pengalaman ini kami belajar sambil bermain dan menikmati semua kegiatan disana. Kegiatan ini sangatlah berarti bagi kami tidak hanya dapat menambah pengetahuan yang berguna bagi kami juga memberikan berbagai inspirasi bagi kami dalam mengikuti berbagai nilai positif dari negara tersebut.

Penulis:

Arlya Daffa Amira
Firial Ghania Khanza

(Siswa SMA Labschool Cibubur, Jakarta)