Cegah Ketuban Pecah Dini dengan Menjaga Kualitas Air Ketuban Melalui 4 Usaha Berikut!

0
4794

Selama masa kehamilan seorang ibu akan dihadapkan pada beragam jenis resiko yang berakhir pada keguguran maupun kelahiran prematur. Kedua kemungkinan tersebut merupakan yang terburuk meski lebih baik kelahiran yang prematur dimana harapan hidup buah hati masih bisa diusahakan. Usahakan untuk menjaga kehamilan dengan baik supaya mencegah ketuban pecah sebelum waktunya. Ibu hamil yang kurang paham dan tanpa sengaja membahayakan janin kerap mengalami ketuban memecah terlalu dini yang tentunya sangat berbahaya.

Menjaga dan Meningkatkan Air Ketuban

Ibu ketika hamil ternyata bisa melakukan usaha tertentu untuk menjaga kualitas dan kuantitas air ketuban. Sehingga janin berkembang sehat sekaligus mencegah kelahiran prematur maupun keguguran, usaha yang dimaksud adalah:

  1. Memperbanyak minum air putih,
    Ibu yang hamil sebaiknya cukup minum air putih bila perlu diperbanyak untuk menjaga kualitas air ketuban. Sekaligus mencegah ibu mengalami dehidrasi, ketika terjadi maka janin akan melakukan kontraksi yang memicu persalinan prematur. Perbanyak minum air putih akan menghindari air ketuban keruh intinya cairan ketuban tetap sehat. Persalinan pun akan semakin lancar dengan kondisi ketuban demikian.
  2. Memilih mengkonsumsi buah kaya air,
    Apabila merasa bosan dan kesulitan minum 8 sampai 10 gelas air putih per hari maka kekurangan cairan tubuh bisa dipenuhi melalui buah-buahan. Terutama buah-buahan yang kaya akan air sehingga mencegah ketuban yang pecah terlalu dini ataupun menyusutnya air ketuban tersebut. Pastikan mengetahui jenis buah-buahan kaya air mana yang aman untuk ibu hamil, sebab tidak semua buah aman bagi janin. Disarankan memilih buah seperti semangka, strawberry, tomat, mentimun, jeruk, dan juga melon.
  3. Menikmati olahraga ringan,
    Ibu hamil pun aman melakukan olahraga yang sifatnya ringan misal berenang dan juga jalan kaki dan baik pula dilakukan secara rutin. Apabila tubuh mudah letih ketika hamil ada baiknya menikmati olahraga ringan selama 30 atau 40 menit. Olahraga akan membantu melancarkan peredaran darah sehingga mencukupi kebutuhan cairan bagi janin di dalam kandungan. Olahraga ini juga efektif menjaga kadar air ketuban tetap normal sehingga menghindari kontraksi janin sebelum waktunya. Bicarakan dengan dokter yang menangani kehamilan untuk mengecek kondisi ketuban dan janin secara berkala.
  4. Mengkonsumsi suplemen herbal yang aman,
    Ibu yang tengah berbadan dua juga bisa mengkonsumsi suplemen namun suplemen herbal yang terbuat dari bahan alami. Ada baiknya meracik sendiri dari bahan herbal tertentu yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar. Misalnya memanfaatkan biji dan daun seledri ataupun daun peterseli yang membantu menjaga volume air ketuban. Selama hamil ada baiknya turut pula mengkonsumsi Susu Lactamil Pregnasis yang membantu mendukung masa kehamilan. Penuhi nutrisi terbaik ibu dengan Lactamil yang juga membantu mencegah ketuban pecah dini.