4 Trik Membuat PPT yang Pasti Dilirik Semua Audience

0
899

Presentasi merupakan hal penting, baik bagi seorang pelajar maupun seorang pekerja. Cara Kamu mempresentasikan materi juga akan mencerminkan seberapa jauh pemahaman Kamu, akan kasus yang kamu analisa. Dengan demikian, presentasi jelas harus dilakukan dengan semaksimal mungkin, seperti dengan menyiapkan PPT yang bisa menarik para audience.

Nah, ingin tahu cara membuat PPT yang akan mendukung suksesnya presentasi Kamu? Berikut jawabannya:

1. Jangan Menggunakan Lebih dari 6 Kata

 

Sering terjadi pada beberapa presentasi saat pemateri begitu banyak menggunakan kalimat pada PPT. Bukankah ini power point dan bukan power sentence? Maka hindarilah penggunaan kalimat yang berlebihan. Kamu cukup menuliskan “definsi budaya” saat ingin menjelaskan arti dari budaya. Dengan kata lain, tidak perlu mencantumkan definisi tersebut pada PPT Kamu.

 

2. Gunakan Sound Effect Untuk Beberapa Saat

Kamu juga bisa menggunakan sound effect dan gambar untuk beberap sesi. Intinya adalah, bukan fokus pada penggunaan kata, karena ini power point dan bukan ‘power sentence’. Kamu bisa menggunakan animasi gambar yang bergerak dan sound effect yang sedikit humor di sesi tertentu agar menciptakan suasana yang enjoy. Namun untuk presentasi pekerjaan.

Baiknya hal tersebut dihindari karena suasana bekerja jelas lebih serius dan formal. Namun Kamu tetap bisa menggunakan gambar dan sound effect, selama penggunaan visual tersebut masih berkaitan dengan topik yang Kamu bahas.

 

3. Ilustrasi Video/Draft Akan Lebih Mendukung Presentasi Kamu

Selanjutnya, untuk lebih menarik perhatian audience, Kamu bisa menggunakan ilustrasi video dan draft. Ini bahkan akan membantu membuat mereka yang mendengar dan melihat, lebih memahami apa yang ingin Kamu sampaikan. Bahkan ilustrasi video atau draft menjadi hal yang penting, agar mendukung deskripsi penjelasan Kamu saat presentasi.

 

4. Menarik itu Bukan Berarti Ribet

Terkadang saking serius dan tegangnya menghadapi presentasi, orang bisa saja begitu idealis dan fokus membuat PPT yang menarik. Ini memang sangat penting, tapi ingatlah pemahaman Kamu lebih penting dari PPT Kamu. Lebih dari itu, menarik bukan berarti ribet. Jika Kamu tidak memiliki pemahaman yang banyak akan PPT, maka buatlah PPT sesuai pemahaman Kamu. Karena menarik bukan berarti harus menggunakan semua aplikasi pada PPT.

Intinya adalah, unik dan menarik bukanlah dari ribetnya penggunaan aplikasi, tapi dari cara penyampaiannya, baik dari penggunaan gambar atau video, media yang digunakan seperti panaboard, serta dari body language Kamu, dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh para pendengar.

PPT memang memegang peran penting dalam proses presentasi Kamu, namun cara kamu menjelaskan jelas lebih penting lagi. Dengan demikian, kuasailah semua case yang harus kamu bahas saat presentasi.

Pastikan mereka yang mendengar dan melihat memahami penjelasan kamu dengan detail, karena itulah kesuksesan sesungguhnya dari sebuah presentasi yang kamu lakukan, selamat mencoba.