Deretan Makanan untuk Diabetes yang Buruk dan Baik

0
2061

Pasien diabetes memang tidak bisa mengkonsumsi berbagai macam makanan, jika salah asupan sedikit saja, kadar gula dalam darah bisa mengalami peningkatan. Oleh sebab itu harus diketahui jenis makanan untuk diabetes. Peningkatan kadar gula darah pengidap diabetes bisa beresiko pada kesehatan seperti kelelahan, pusing, penyakit jantung hingga kerusakan saraf. Penderita harus berhati-hati ketika menyantap makanan. Penderita biasanya akan diberi terapi melalui pola makan secara teratur. Hal ini dimaksudkan agar penderita selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi, berkalori dan rendah lemak.

Berikut contoh makanan untuk penderita, antara lain:

  • Makanan yang berasal dari biji utuh atau karbohidrat kompleks seperti kentang panggang, nasi merah, sereal, oatmeal,
  • Daging tanpa lemak yang diolah dengan cara dibakar, dikukus, direbus, atau dipanggang,
  • Sayur yang diproses dengan direbus, dikukus, atau dikonsumsi secara mentah. Sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita seperti bayam dan brokoli,
  • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus,
  • Buah segar. Anda bisa menjadikannya sebagai jus, namun jangan diberi tambahan gula,
  • Ikan tuna, sarden, salmon. Hindari ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi.

Ada makanan yang baiknya dikonsumsi, ada pula makanan untuk penyakit diabetes yang seharusnya di pantang seperti roti tawar yang berwarna putih, sayuran yang dimasak dengan tambahan mentega, keju dan saus dalam jumlah banyak, buah kaleng dengan kandungan banyak gula, hati ampela, popcorn yang kaya rasa, makanan yang pengolahannya dengan digoreng, kulit ayam.

Memang, cukup sulit rasanya untuk menghindari makanan yang nampak lezat. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang dibuat sendiri. Dengan demikian, Anda dapat memantau bahan baku, tambahan bahan hingga cara pembuatan yang akan masuk ke tubuh. Selain lebih jeli dalam melakukan pemilihan makanan, Anda juga disarankan untuk selalu melakukan pengecekan gula darah setiap waktu. Jenis tes gula darah pun ada berbagai macam seperti tes toleransi glukosa oral, tes gula darah, tes hemoglobin. Konsultasikan ke dokter seperti apa tes gula darah yang cocok untuk Anda jalani, dokter akan menyesuaikannya dengan kondisi dan keadaan tubuh Anda. Bahkan dokter akan memberikan takaran makanan yang pas untuk tubuh.

Sebagai manusia normal, sudah pasti Anda juga ingin mengkonsumsi minuman atau makanan manis, namun di satu sisi Anda tidak dapat membantah perintah dokter untuk membatasi makanan manis yang masuk ke tubuh. Lantas, bagaimana caranya? Anda dapat mengganti gula Anda dengan Tropicana. Tropicana sangat aman di konsumsi, Anda bisa menambahkan Tropicana ke makanan untuk diabetes atau minuman yang akan Anda konsumsi. Tidak perlu takut atau cemas, asalkan pengonsumsian Tropicana sesuai aturan, minuman dan makanan manis bisa Anda konsumsi setiap saat. Jadi, tunggu apalagi? Segera siapkan Tropicana di meja Anda.