Penyebab Penyakit, Tips dan Untuk Mencegahnya

0
858

Penyakit adalah suatu hal yang berbeda dan bertentangan dengan kesehatan. Efeknya dapat menyebabkan perubahan fisiologis atau morfologis dalam keadaan normal. Secara umum, penyakit biasanya ditandai dengan penyebab, gejala, dan evolusi. Meskipun ada yang menyalah artikan, penyakit berbeda dari cedera (lesi fisik atau mental) cacat (kekurangan, yang mungkin juga karena penyakit sebagai cedera) dan sindrom (satu set dengan adanya tanda-tanda atau gejala yang muncul secara bersamaan). Namun, artikel kali ini adalah yang memberikan pengetahuan beberapa faktor yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit.

1. Lingkungan.
Masalah lingkungan menjadi perhatian penting dalam hal kesehatan. Yang nyata di negara-negara maju juga turut serta memperhatikan masalah lingkungan. Menurut banyak penelitian, banyak faktor dari lingkungan yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan penyakit. Beberapa dari mereka termasuk: bahan kimia beracun, acetaldehydes yang terkandung dalam rokok, alergen (serbuk sari, tungau, debu, kelembaban, rambut kucing, dll), polusi yang dihasilkan oleh aktivitas manusia (oksida sulfur, nitrogen dioksida, karbon monoksida, senyawa organik yang mudah menguap, chlorofluorocarbon, polutan radioaktif, dll) dan agen infeksi lain seperti virus dan bakteri. [Baca disini: Penyakit yang disebabkan oleh virus].

2. Genetik
Mungkin hal ini tampaknya kurang. Ada kondisi-kondisi medis genetik, gaya hidup korban memiliki sedikit atau tidak ada hubungannya dengan perkembangan penyakit, meskipun dia/gaya hidupnya dapat memperburuk gejala. Secara umum, penyakit yang disebabkan oleh saru atau lebih kelainan pada satu atau lebih kromosom yang ditransmisikan kepada keturunannya, yang menyababkan fungsi abnormal dari sel-sel organ tertentu. Untungnya, kelainan genetik yang langkah, yang mempengaruhi satu orang dalam beberapa ribu.

3. Minimnya Gizi
Kekurangan gizi di negara berkembang merupakan penyebab utama adanya penyakit. Akibat krisis keuangan, sebagian besar penduduk di negara-negara berkembang tidak mampu membeli makanan dalam sehari-hari. Namun, masalah ini tidak juga ada di negara-negara kaya. Di Negara Amerika Serikat, meskipun hampir semua orang memiliki kemungkinan untuk membeli makanan sehat, namun menurut studi terbaru, 10% dari penduduk Amerika memiliki bentuk kekurangan gizi.

4. Masalah sosial
Tekanan di tempat kerja, masalah keuangan atau pendapatan tidak cukup, masalah keluarga dan dampak sosial lainnya ini merupakan faktor-faktor yang menyebabkan stres dan depresi. Sumber penyakit fisik, mental dan spiritual.

Isu-isu tersebut tidak secara otomatis menyababkan penyakit, akan tetapi jikan mereka intens atau terus-menerus selama beberapa waktu, maka mereka dapat mengakibatkan masalah mental dan fisik yang serius. Dalam diobati, depresi dapat menyebabkan bunuh diri. Penyebab utama ketiga, kematian bagi orang-orang muda yang berusia 15-24 tahun menurut US Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia.

5. Aktifitas fisik
Makanan yang ada dipermukaan bumi ini tentu anda bisa menikmatinya. Akan tetapi, jika hal dilakukan kontrol maka dapat menyebabkan penyakit baru seperti serangan jantung. Untuk itu, maka diperlukan aktifitas fisik dengan cara berolahraga. Beberapa orang masih mangabaikan hidup aktif dengan cara berolahraga. Padahal, dalam pencegahan penyakit, tidak ada yang lebih efektif dari pada melakukan latihan fisik secara teratur.

Ada banyak penyabab lain dari penyakit yang tidak disebutkan dalam tulisan ini. Bahkan, setiap penyakit memiliki penyebab yang spesifik. Misalnya, asap rokok yang menjadi penyabab utama kanker paru-paru.