Resep Makanan Indonesia Khas Jawa Barat Yang Terkenal

0
1143

Resep Makanan Indonesia – Indonesia terkenal dengan iklim trofis dan berada di garis khatulistiwa, kekayaan alam Indonesia tidak akan pernah habis, setiap daerah dan kepulauannya memiliki ragam khas yang sangat berbeda, meski berbeda akan tetapi masyarakat Indonesia harus tetap bersatu. Berbicara tentang resep makanan Indonesia dari sabang sampai merauke tentunya tidak akan pernah selesai, karena setiap budaya yang berbeda akan berbeda pula tingkah prilaku, kebiasaan, juga makanan khas nya.

Resep Makanan Indonesia Khas Jawa Barat

Pulau Jawa terbagi menjadi menjadi beberapa bagian, ada Jawa barat, Jawa tengah, dan Jawa timur, semuanya memiliki ciri khas masing-masing. Kali ini kita akan membahas makanan khas dan unik asal Jawa Barat. Jawa Barat terkenal dengan aneka resep makanan Indonesia yang unik-unik, apalagi kalau anda mengenal kota Bandung. Bandung terkenal sekali dengan makanan yang unik dan jajanan unik, apabila anda ingin menjelajahi wisata kuliner Bandung anda tidak mungkin bisa menghabiskannya dalam waktu singkat, karena Bandung memiliki berbagai makanan yang sangat banyak dan beragam. Misalnya makanan khas bandung yang satu ini yaitu cilok.

Cilok adalah makanan atau jajanan yang terbilang murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Makanan yang satu ini sempat populer pada tahun 2015 karena makanan ini di kenalkan melalui siaran televisi dalam gala sinetron Preman Pensiun yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi. Siapa sih yang tidak kenal dengan Cilok. Cilok terbuat dari tepung tapioka, sagu atau kanji bentuk dari cilok ini bulat seperti layaknya bakso. Jika bakso disajikan dengan cara kuah atau dengan direbus pake air sementara cilok tidak, dibuatnya pun dengan cara dikukus. Cilok sebenarnya singkatan dari bahasa sunda yaitu aci dicolok yang artinya dahulu di sajikannya dengan di colok pake bambu kecil berbentuk seperti sapu lidi akan tetapi bambu untuk menusuk cilok ini lebih pendek kira-kira 30 cm. Cilok disajikan dengan cara bervareasi bumbu yang digunakan awalnya cuma bumbu kecap dan saus saja, sejalan dengan semakin berkembang sekarang  banyak sekali cilok disajikan dengan ditaburi bumbu kacang dimulai dari bumbu kacang pedas, manis, dan juga sedang.

Mungkin itulah salah satu aneka resep makanan Indonesia yang unik di Jawa Barat, jika anda tertarik untuk mencobanya, silahkan datang ke Bandung, jajanan yang satu ini terbilang gampang untuk ditemukan dipinggir-pingir jalan sepanjang jalanan yang ada di Bandung.