Baju Batik Couple Murah Sablon Vs Batik Tulis

0
1113

Membeli baju dalam bentuk seragam atau couple belakangan ini memang tengah menjadi trend bagi muda-mudi. Tak hanya itu orangtua khususnya adalah suami istri juga banyak yang menggunakannya. Biasanya untuk menghadiri sebuah acara pesta. Model baju couple sendiri beragam mulai dari kaos biasa hingga batik. Baju batik couple murah juga dapat Anda jumlah dengan sangat mudah di pasaran, harganya sekitar 200 ribuan Anda sudah bisa dapatkan 2 buah untuk laki-laki dan juga perempuan.

Baju couple atau sembarang ini banyak dijadikan sebagai pilihan untuk saling menunjukkan rasa sayang dengan pasangan, apakah Anda sendiri juga tertarik untuk memilikinya. Jika kaos terbilang biasa, maka cobalah untuk memilih dengan motif batik, cukup populer dengan tampilan yang lebih formal sehingga dapat Anda gunakan untuk acara-acara resmi. Hanya saja pemilihannya sebaiknya juga dilakukan berdua karena ada kalanya barang yang sudah Anda belikan tak cocok untuk pasangan.

Ini perbedaan baju batik couple murah sablon Vs batik tulisĀ 

Baju batik couple murah ragamnya cukup banyak, sama hanya dengan kain batik ada yang versi cetakan biasa, namun juga ada batik tulis. Dari dua jenis tentunya tawarkan kualitas dengan harga yang berbeda. Lalu sebenarnya perbedaan antara batik canting atau tulis tersebut dengan batik cap biasa, ketahui perbedaannya berikut ini:

1. Batik tulis terbuat dari bahan malam,

zat malam hampir sama dengan lili, ia dikerjakan dengan cara yang masih manusia yaitu mengandalkan tangan biasa, sehingga terkadang hasilnya kurang rapi. sedangkan untuk batik cap dibuat dengan cara menyablonnya. Pengerjaan jauh lebih rapi. Bahan pewarna yang digunakan sendiri dari zat warna tekstil.

2. Batik cap sangat mudah luntur,

Dengan kualitas bahan yang berbeda bukan hal yang mengherankan jika seandainya hasil dari kerajinan tersebut juga berbeda. Umumnya batik tulis terbuat dari bahan yang alami sehingga dapat bertahan lama atau tak sulit luntur ketika dicuci. Sebaliknya jika Anda menggunakan batik cap sekali terkena detergen warna sudah pasti memudar.

3. Nilai seni berbeda,

Nilai seni yang diberikan tentunya berbeda, pengerjaan dengan cara menulis satu persatu membutuhkan waktu yang sangat lama, tentunya ada nilai sendi tersendiri yang diberikan dibandingkan pengerjaan menggunakan mesin. Tak heran jika seandainya lebih sulit menemukan batik tulis dibandingkan cap. Karena produksinya cepat dan juga dalam jumlah banyak.

4.Batik tulis mahal

Dari segi harga sudah pasti batik tulis ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dibandingkan sablon. Bagi Anda yang menginginkan harga murah sebaiknya lebih memilih jenis cap saja. Karena satu buah bajunya dapat dibeli mulai dari 100 ribu rupiah, sedangkan batik tulis bisa sampai 4 kali lipatnya.

5.Perawatan

Proses perawatan lebih mudah batik cap biasa, biasanya membutuhkan detergen khusus pada proses pencucian batik tulis, karena bahan warnanya juga alami.

6.Limited edition

Ada cerita tersendiri dibalik pembuatan batik tulis, terkadang barangnya limited edition, artinya pengrajin memang sengaja membuat dalam jumlah yang terbatas. Karena setiap seni yang diukir di dalamnya pada dasarnya memiliki cerita tersendiri. Bukan hal yang mengherankan jika harga perbuahnya juga tergolong sangat mahal.

Bagaimana lebih sreg memilih baju batik couple murah dari kain batik cap biasa atau tulis, meski harga mahal namun tawarkan kualitas yang lebih bagus. Apapun pilihan Anda alangkah baiknya melihat produknya sebelum membeli. Baju batik couple banyak ditawarkan di toko-toko baju terdekat atau juga bagi Anda yang ingin membelinya online.