Nikmati Puasa Tahun Depan Dengan Resep Buka Yang Benar

0
556

Banyak sekali pilihan resep buka puasa yang bisa disajikan untuk melepaskan rasa lapar sekaligus dahaga setelah kurang lebih 14 jam menahannya. Menyiapkan menu makanan ataupun takjil sebagai menu pembuka selama menjalankan ibadah puasa menjadi suatu kewajiban. Anjurannya dari Nabi Muhammad SAW adalah membukanya dengan yang manis seperti kurma kemudian air putih. Namun yang aneh, sudah menjadi kebiasaan masyarakat Kita untuk memilih makanan dan minuman ringan yang manis-manis. Mengkonsumsi minuman manis menjadi pilihan pertama untuk melepaskan dahaga, namun usahakan tidak berlebihan.

Memilih Minuman Tepat untuk Berbuka

 

berbuka puasa

Minuman menjadi salah satu sajian menu buka puasa yang sifatnya wajib sebab semua orang mengakui menahan lapar lebih mudah. Dibanding menahan haus, selama berpuasa tubuh rentan mengalami dehidrasi sehingga perlu banyak minum. Pada saat berbuka maupun saat sahur di waktu pagi namun tidak semua jenis minuman baik untuk keperluan berbuka puasa. Terutama yang kandungan gulanya sangat tinggi seperti pada penjual takjil yang bertebaran saat Ramadhan tiba. Minuman yang tepat untuk kebutuhan melepaskan dahaga setelah berpuasa perlu memperhatikan beberapa hal.

Bagi siapa saja yang peduli dengan kesehatan agar bisa sukses menjalankan 30 hari puasa penuh, usahakan saat berbuka memilih minum minuman hangat. Semisal seduhan teh hangat dengan cara penyajian sebagai berikut:

  1. Usahakan disiapkan sekitar 15-20 menit sebelum waktu berbuka sehingga tidak terlalu panas dan nyaman diseruput tanpa resiko lidah terbakar.
  2. Gunakan pemanis rendah kalori untuk menghindari lonjakan gula darah berlebihan selama menjalankan puasa.
  3. Sebaiknya tidak terlalu kental sebab teh memiliki sifat diuretic yang bisa menyebabkan dehidrasi dan diare, kecuali jika kekentalannya pas.

Menyeduh teh hangat untuk berbuka memang pilihan yang sangat tepat agar menghangatkan pencernaan. Kandungan zat bermanfaat dalam serbuk teh mampu menjaga sistem pencernaan tetap dalam kondisi yang baik. Pilih teh yang memang nikmat dengan aroma yang memang sedap agar terasa semakin nikmat menyeruputnya saat perut kosong. Gunakan teh Sariwangi untuk mendapatkan hasil seduhan teh yang menarik dan tentunya meningkatkan selera makan. Sariwangi akan menemani ibadah puasa menjadi lebih berkualitas sehingga sering dijadikan resep buka puasa andalan keluarga.

Aktivitas Bulan Puasa

 

salat tarawih

Jangan lupa juga lakukan aktivitas-aktivitas berikut ini sehingga bulan ramadhan yang dilalui menjadi nilai yang sangat berguna bagi yang menjalankannya.

  • Sahur diakhir waktu. Dengan sahur diakhir waktu anda dapat menjaga kondisi tubuh anda selama masa berpuasa. Tentunya jika ini dilakukan akan sangat berbeda bila anda mengawali sahur di awal waktu, misalkan sahur disaat jam 2 malam.
  • Perbanyak tadarus dan mengkajinya. Dengan melakukan amalan ini tentunya akan ada pahala tersendiri dan dengan kaian tersebut menjadi pengetahuan baru agar kita mendapat petunjuk.
  • Berbuka puasa secukupnya. Inilah yang sering dijumpai oleh kebanyakan dari masyarakat yang melakukan puasa ketika tiba waktunya berbuka jutru melahap semua hidangan yang ada sehinga ketika udah kenyang, malah ia menjadi malas dan ngantuk. Padahal setelah berbuka masih banyak ibadah malam yang bisa dikerjakan, bila mengantuk memicu kualitas ibadah menjadi turun
  • Tarawih dan Solat Sunnah. Inilah yang menjadikan ramadhan berbeda dengan bulan lainnya. Di malam hari menjai lebih hidup, perbanyaklah tarawih ebisa mungkin di masjid, bila dalam keadaan uzur lakukanlah di rumah. Dan lakukan salat sunnah lainnya, misalkan solat duha, tahajud dan sunnah qabliah dan ba’diah rawatibnya sesuai tuntunan Nabi.

Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat!